Orangtua Protektif Pada Anak Bungsu

Secara alamiah sikap tegas orangtua lebih terarah pada anak pertama. Namun, sikap yang demikian terbilang lebih longgar terhadap anak kedua

Orangtua Protektif Pada Anak Bungsu
nyata.co.id
Mengantar anak sekolah 

SERAMBIUMMAH.COM - Secara alamiah sikap tegas orangtua lebih terarah pada anak pertama. Namun, sikap yang demikian terbilang lebih longgar terhadap anak kedua, apalagi anak bungsu. Bagi orangtua, si bungsu adalah si kecil yang selamanya selalu menjadi anak kecil di mata mereka.

Tak heran jika sikap orangtua cenderung protektif pada anak bungsu. Alhasil, umumnya, si bungsu tumbuh menjadi orang yang kurang percaya diri dan manja.

Para pakar psikolog telah meninjau dan mempelajari hubungan antara urutan kelahiran anak dengan tingkat kesuksesan mereka di bidang akademis dan profesional. Hasilnya, kecerdasan anak bukan berdasarkan urutan kelahiran, tapi lebih kepada sikap dan perilaku orangtua terhadap sang buah hati.

Pada saat yang sama, begitu banyak orangtua percaya pada stereotip urutan kelahiran, dan akhirnya terbentuklah gaya pola asuh yang berlainan pada masing-masing anak. Anak pertama didorong untuk lebih pintar dan berprestasi, sedangkan si bungsu cenderung dilindungi dan dimanja.

Editor: Sigit Rahmawan Abadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved