Anak Usia 8-9 Paling Cepat Pecahkan Soal Matematika

Rata-rata anak dengan usia 8 sampai 9 tahunlah yang lebih cepat memecahkan soal matematika, dengan mengandalkan rumus-rumus matematika

Anak Usia 8-9 Paling Cepat Pecahkan Soal Matematika
net
ilustrasi

SERAMBIUMMAH.COM - Selama penelitian rata-rata anak dengan usia 8 sampai 9 tahunlah yang lebih cepat memecahkan soal matematika, dengan mengandalkan rumus-rumus matematika dari ingatan mereka kurang dari waktu yang ditentukan ketika mengerjakan soal.

Karena adanya pergeseran kemampuan ini, peneliti melihat beberapa perubahan dalam otak anak-anak. Hippocampus suatu wilayah dengan banyak peran dalam membentuk kenangan baru berperan lebih dalam pada otak anak-anak. Setelah satu tahun penelitian, daerah yang terlibat dalam penyelesasaian masalah matematika seperti prefrontal dan parietal cortex menjadi pun berkurang perannya.

Para ilmuwan melihat perubahan sejauh mana hippocampus terhubung ke bagian lain dari otak-otak anak-anak dengan beberapa bagian seperti preforntal, anterior korteks temporal dan parietal cortex lebih kuat ke hippocampus setelah satu tahun.

Nyatanya, semakin kuat koneksi tersebut  semakin besar pula kemampuan anak-anak untuk mengingat rumus matematika dari ingatan mereka.

Temuan ini menunjukkan titik awal untuk penelitian masa yang akan datang dalam meneliti faktor apa saja ketidakmampuan mempelajari matematika. Semoga hal ini bisa menjelaskan bagaimana otak anak bisa mengingat rumus matematika dengan mudah ketika belajar matematika.

Editor: Sigit Rahmawan Abadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved