Cara Anak Mudah Mengingat Rumus Matematika

baru-baru ini dilakukan sebuah penelitian yang mencari tahu bagaimana otak anak mengingat rumus matematika dengan mudah

Cara Anak Mudah Mengingat Rumus Matematika
net
ilustrasi

SERAMBIUMMAH.COM - Matematika selama ini menjadi mata pelajaran yang sangat dihindari oleh anak-anak di sekolah. Terkait hal tersebut, baru-baru ini dilakukan sebuah penelitian yang mencari tahu bagaimana otak anak mengingat rumus matematika dengan mudah?

Bagian otak yang melibatkan banyak pusat memori (hippocampus) berperan sangat penting untuk kondisi ini menurut penilitian yang dilakukan Stanford University School of Medicine tersebut. Anak-anak menggunakan bagian otak tertentu termasuk hippocampus dan korteks prefrontal, berbeda dengan orang dewasa ketika keduanya sama-sama memecahkan soal matematika.

"Hal ini mengejutkan kita bahwa begitu besarnya peran hippocampus dan prefrontal sebagai ingatan dasar dan pemecahan masalah semasa anak-anak, berbeda dengan orang dewasa ketika memecahkan persoalan," kata Shaozheng Qin,PhD, seorang sarjana postdoctoral.

Dalam penelitian ini, 28 anak-anak memecahkan masalah matematika sederhana, saat mereka mengerjakan soal, alat scanning otak memindai otak mereka sekitar 1 sampai 2 tahun secara terpisah. Para peneliti juga memindai 20 remaja dan 20 orang dewasa untuk perbandingan dalam waktu yang bersamaan.

Para peserta terdiri dari anak usia 7-9 tahun, remaja usia 14-17 tahun dan orang dewasa usia 19-22 tahun semua peserta memiliki IQ yang normal. Karena penelitian ini meneliti pembelajaran matematika secara normal, calon peserta dengan ketidakmampuan belajar matematika akan dikeluarkan.

Editor: Sigit Rahmawan Abadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved