Kiat "Halau" Rasa Lelah Berlebihan pada Ibu Baru

Tugas dan tanggung jawab seorang ibu adalah pekerjaan yang tak bertepi. Mengurus bayi dan anak balita jauh lebih sulit

Kiat
kompas.com
ilustrasi 

SERAMBIUMMAH.COM - Tugas dan tanggung jawab seorang ibu adalah pekerjaan yang tak bertepi. Mengurus bayi dan anak balita jauh lebih sulit dibandingkan menyelesaikan tenggat waktu dari klien, meeting dengan atasan, dan sebagainya. Jadi, jangan heran jika banyak ibu baru yang merasa kelelahan dan jenuh dengan aktivitas hariannya.

Ibu baru biasanya sering kurang tidur karena si kecil yang sering terbangun tengah malam. Alhasil, tubuh pun tak fit dan stamina menurun. Nah, untuk menghindari hal yang demikian, berikut ini beberapa kiat untuk mengatasinya:

Berendam air hangat
Setelah seharian mengurus si kecil, akhirilah hari Anda dengan mandi air hangat yang dapat menenangkan dan menyegarkan tubuh. Dijamin tidur Anda akan lebih nyenyak dan pulas.

Keluar sebentar dari rumah
Sebelum menghirup udara segar di luar rumah, pastikan terlebih dulu si kecil dijaga oleh orang atau anggota keluarga yang ia kenal. Selain itu, pastikan jangan terlalu jauh dari rumah. Tujuannya, agar terjangkau untuk pengasuh mencari Anda, jika sewaktu-waktu anak membutuhkan Anda.

Jangan lupakan hobi
Menjadi seorang ibu, bukan berarti Anda tidak boleh melakukan kegiatan yang disukai. Luangkanlah waktu untuk melakukan hobi. Sebab, ibu muda yang selalu kelelahan dan keletihan, disebabkan oleh karena tidak memiliki waktu untuk diri sendiri.

Luangkan waktu untuk menghubungi teman
Bercakap-cakap dengan sahabat, baik secara langsung ataupun lewat telpon, bisa meredam rasa lelah. Namun, pastikan untuk menseleksi topik pembahasan. Jangan selalu membicarakan soal anak dan hindari percakapan mengenai topik keluarga. Sebaiknya bicarakan sesuatu yang lucu untuk mengundang tawa demi menghalau stres dan rasa lelah berlebihan.

Jangan terlalu dipikirkan
Pada beberapa pertumbuhan anak, membuat ibu menjadi sangat sibuk. Namun, jangan terlalu dipikirkan. Sebaliknya, Anda harus bersyukur atas kehadiran si kecil sebagai buah cinta Anda dan suami.

Editor: Edinayanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved