Mengenal Bentuk Feses Bayi

Bagaimana bentuk feses bayi yang normal, berikut penjelasannya:

Mengenal Bentuk Feses Bayi
net
menggendong bayi 

SERAMBIUMMAH.COM - Bagaimana bentuk feses bayi yang normal, berikut penjelasannya:

* Tinja/feses bayi baru lahir yang normal seperti aspal lembek. Ini adalah “oleh-oleh” yang dibawa bayi saat masih dalam kandungan. Setelah beberapa minggu, bentuk fesesnya berubah jadi bergumpal-gumpal seperti jeli, padat, berbiji (seeded), atau bisa juga berupa cairan.

* Tinja/feses bayi ASI eksklusif bisa seperti pasta/krem, berbiji (seeded), bisa juga seperti mencret/cair. Jadi pada bayi ASI eksklusif jangan khawatir jika BAB-nya cair sebab hal ini normal.

* Pada bayi non-ASI, feses atau tinjanya sudah berbentuk, hampir mirip dengan orang dewasa yaitu padat, bergumpal-gumpal atau agak liat dan bulat. Intinya, variasi bentuknya lebih beragam.

Catatan:

Jika orangtua mencampur pemberian ASI dan non-ASI akan terjadi sedikit kesulitan untuk mendeteksi kondisi bayi dari fesesnya. Misal, bila terjadi mencret/feses cair, apakah disebabkan oleh ASI ataukah penyebab lain. Pasalnya, jika diberi ASI eksklusif, feses yang cair/lembek adalah normal sedangkan pada non-ASI seharusnya BAB padat dan bergumpal-gumpal.

Editor: Edinayanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved