Latih Si Kecil Berhemat dengan Bekal Makanan

Sikap hemat hendaknya sudah harus diajarkan, ditanamkan, dan juga diterapkan dari sejak usia dini kepada anak kita

Latih Si Kecil Berhemat dengan Bekal Makanan
perempuan.com
bekal hemat anak

SERAMBIUMMAH.COM - Sikap hemat hendaknya sudah harus diajarkan, ditanamkan, dan juga diterapkan dari sejak usia dini kepada anak kita, agar mereka bisa membawa sifat tersebut ke dewasanya nantinya dan mengurangi mereka untuk bersikap boros dalam jajan mapun hal lainnya. Di sinilah peran orang tua sangat penting, karena kedua orang tualah yang mengajarkan dan menjadi contoh untuk anak-anak mereka.

Jika ingin mengajarkan anak untuk bersikap hemat, sebaiknya kedua orangtua pun harus menerapkan hal yang sama dalam kesehariannya. Jika kita hanya menasehati anak untuk berhemat namun kita sendiri sering tidak melakukannya, akibatnya anak juga akan meniru kebiasaan kita dan tidak akan percaya dengan perkataan kita lagi.

Jelaskan juga kepada mereka terlebih dahulu akan apa manfaat dan pentingnya untuk hidup berhemat kepada anak kita, agar mereka bisa mengetahui apa gunanya mereka melakukannya. Karena ada beberapa anak yang akan beranggapan bahwa hemat tidak jauh beda dengan bersikap pailit.

Selain dengan menabung, salah satu cara yang lain dan bisa digunakan untuk melatih agar anak bisa bersikap untuk berhemat adalah dengan cara membawa bekal makanan sendiri untuk dibawa ke sekolah mereka.

Dengan membawa bekal makanan sendiri ke sekolah, anak akan terbiasa untuk tidak jajan dan mengeluarkan atau menghambur-hamburkan uang untuk jajan sesuka hati mereka di sekolah mereka. Selain melatih anak kita untuk berhemat, anak juga tidak akan sembarangan untuk membeli sesuatu untuk mereka makan.

Banyak makanan yang mengandung zat-zat berbahaya yang di jual di sekolah-sekolah anak kita dan parahnya lagi kita tidak setiap saat mengawasi atau mengontrol makanan yang dibeli dan di makan oleh anak kita setiap harinya.

Selain mendapat jaminan makanan yang anak kita makan sehat dan higenis untuk anak kita, manfaat berikutnya adalah kita bisa mengatur nutrisi dan vitamin untuk anak kita dengan bekal yang kita siapkan sebelumnya. Jadi kita bisa menjaga kesehatan buah hati kita juga. Memang tidak mudah untuk menyiapkan bekal, namun hal tersebut sepadan dengan apa yang kita terapakan kepada anak kita dan mengajari mereka akan pentingnya untuk berhemat, serta bisa menjaga kondisi asupan gizi buah hati kita.

Sekarang ini juga ada beberapa sekolah yang melarang murid-muridnya untuk jajan sembarang dan menyediakan sendiri jajanan atau makanan untuk para siswanya yang menurut sekolah baik dan bergizi untuk para muridnya.

Bahkan kita sekolah yang menyuruh para siswanya untuk membawa bekal sendiri dari rumah. Semua hal tersebut bertujuan agar melatih anak untuk bersikap hemat dan tidak jajan sembarangan.

Agar anak kita tidak bosan dengan bekal makan yang dibawa setiap harinya kesekolah, kita bisa membuat variasi atau membuat bentuk-bentuk unik pada makanan bekal anak anda. Dengan begitu anak akan merasa senang bahkan mungkin juga bisa bangga karena bekal yang mereka bawa berbeda dengan anak yang lainnya. Anak pun akan lebih tertarik menyatap hidangan bekal mereka dari pada harus jajan sembarangan.

Selain membawa bekal ke sekolah, kita juga bisa membawakan bekal untuk anak kita ketika mereka sedang menjalani aktivitas yang lain seperti sedang les, berolahraga, atau ketika mereka sedang menjalani kegiatan ekstrakulikulernya. Dan jika kita mengajarkan untuk membawa bekal dan tidak jajan sembarangan untuk anak kita, sebaliknya kita pun harus begitu dan membiasakan untuk menyantap atau memasak masakan di rumah kita sendiri dan menghentikan kebiasaan kita untuk jajan di luar, entah itu sekedar membeli kopi atau jajan yang lainnya. (prc)

Editor: Edinayanti
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved