Ada Makna yang Tersirat dari Setiap Kejadian

memohon pertolongan kepada Allah, dan tidak menyadari jika dalam kesedihan itu ada makna yang tersirat bagi jiwa

Ada Makna yang Tersirat dari Setiap Kejadian

SERAMBI UMMAH.COM - SETIAP kejadian dan keadaan yang datang kepada kita, semua mengandung hikmah dan rahasia di dalamnya. Kejadian dan keadaan itu hanya wadah, yang didalamnya terdapat hikmah (ilmu, pemahaman, yang membuat semakin bertambah pengetahuan kita, dan semakin bijak), dan di dalam hikmah itu terdapat rahasia. Bila kita terpaku dalam keadaan dan kejadian itu (baik dan buruk, suka dan duka) maka pandangan kita akan berhenti di situ, semua energi akan terkuras disitu, dan kita akan terperangkap disitu.

Yang sedih akan terlarut dalam kesedihan, dan lupa untuk memohon pertolongan kepada Allah, dan tidak menyadari jika dalam kesedihan itu ada makna yang tersirat bagi jiwa-nya. Yang bersuka cita, ia akan terlarut dalam suka cita-nya hingga ia pun lupa bersyukur kepada-Nya, hingga keadaan suka cita-nya membuat ia jauh dari-Nya. Marilah kita terus belajar, terus berjalan, tidak terpaku, terpana dan terpesona dalam setiap keadaan dan kejadian. Ingatlah semua itu hanya wadah, jadi jangan terpana dalam wadah, tapi yang menjadi tujuan adalah isi dari apa yang di dalam wadah, yaitu hikmah dan rahasia. Bila terpana dalam wadah, maka selamanya diri ini tidak akan bisa menemukan hikmah dan rahasia di balik segala sesuatu tersebut.

Marilah, belajar bijak dalam menyikapi segala sesuatu, sadarlah semakin berat kadar keadaan dan kejadian yang kita terima, maka akan semakin besar pula hikmah dan rahasaia yang kita sibak didalamnya. Tiada segala sesuatu terjadi, kecuali hanya ingin membuat kita semakin bijaksana dan dewasa. (ipc)

Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved