Jika Terlanjur Berbuat Dosa, Apa yang Harus Dilakukan?

Jangan biarkan diri kita tetap berada di dalam jurang kehinaan. Bangkitlah dan mulai bulatkan tekad untuk selalu berbuat kebaikan

Jika Terlanjur Berbuat Dosa, Apa yang Harus Dilakukan?

SERAMBI UMMAH.COM - SETIAP manusia pasti tidak pernah luput dari dosa. Ada yang kita sadari dan ada pula yang tidak kita sadari. Dan jika kita terlanjur masuk ke dalam dosa itu, maka wajib bagi kita untuk selalu memohon ampun kepada Allah SWT atas dosa-dosa yang telah kita perbuat. Jangan biarkan diri kita tetap berada di dalam jurang kehinaan. Bangkitlah dan mulai bulatkan tekad untuk selalu berbuat kebaikan dan menghindari sifat tercela.

Ada dua amalan yang semestinya dilakukan setelah berhenti dari dosa, yaitu:

Pertama: Amalan hati, yakni dengan penyesalan dan tekad untuk tidak mengulangi dosanya, inilah buah dari rasa takut kepada Allah.

Kedua: Amalan anggota badan, yakni dengan mengerjakan segala bentuk kebaikan, di antaranya adalah shalat taubat.

Dari Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Tiada seorang yang melakukan suatu dosa kemudian dia pergi berwudhu dan mengerjakan shalat (dua raka’at), kemudian memohon ampun kepada Allah melainkan Allah akan mengampuninya’.”

Kemudian beliau membaca ayat :

“Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya, sedang mereka mengetahui,” (QS. Ali Imran: 135).

Telah disebutkan di dalam riwayat lain yang shahih tentang shalat dua raka’at yang menghapus dosa, ringkasannya adalah sebagai berikut:

1. Dengan berwudhu dan memperbagus wudhunya (karena kesalahan akan keluar dari anggota badan yang dibasuh bersamaan dengan air atau tetesan air terakhir). Termasuk memperbagus wudhu adalah mengucapkan “Bismillah” sebelumnya dan berdzikir sesudahnya, yakni, “Aku bersaksi bahwa tiada Ilah yang haq untuk disembah selain Allah, Yang Maha Esa tiada sekutu bagiNya, dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang banyak bertaubat dan mensucikan diri, Mahasuci Engkau ya Allah, dengan memujiMu aku bersaksi bahwa tiada Ilah yang haq untuk disembah selain Engkau, aku memohon ampun kepadaMu dan bertaubat kepadaMu,” (Dzikir ini sangat besar pahalanya apabila dibaca tiap selesai wudhu).

2. Berdiri untuk mengerjakan shalat dua raka’at.

Halaman
123
Tags
dosa besar
Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved