Breaking News:

Yogya Surga Baru Pelaku Industri Kreatif Digital

Selain Kota Pelajar, Seniman, Kota Budaya atau Kota Wisata, Yogyakarta akan mendapat julukan baru sebagai surga industri kreatif digital

Jogja Digital Valey
JDV memaparkan industri kreatif digital di Yogyakarta tidak hanya dilakukan oleh perusahaan hasil karya para pengusaha lokal Yogyakarta. 

SERAMBIUMMAH.COM, YOGYAKARTA - Julukan Yogyakarta kini bakal bertambah. Selain dikenal sebagai Kota Pelajar, Seniman, Kota Budaya atau Kota Wisata, Yogyakarta akan mendapat julukan baru sebagai surga industri kreatif digital.

Hal ini terungkap dalam survey Jogja Digital Valley (JDV) bersama dengan Merah Institute tentang Sensus Industri Kreatif Digital Jogja 2014. Dalam laporannya, mereka menyimpulkan dalam kurun lima tahun terakhir, berbagai perusahaan kreatif digital baru di Yogyakarta bermunculan.

Apa sebenarnya industri kreatif digital ini?

Industri kreatif digital menggabungkan unsur kreatif dan digital pada produk dan jasanya. Industri ini menghasilkan produk hasil teknologi informasi yang kreatif, lain dari biasa, dan menjadi solusi kehidupan sehari-hari masyarakat.

Industri kreatif digital juga mengoptimalkan bidang-bidang kreatif seperti seni dan musik dengan perantara teknologi informasi.

Menurut JDV, industri kreatif digital di Yogyakarta tidak hanya dilakukan perusahaan hasil karya pengusaha lokal saja. Perusahaan dari luar Yogya pun berdatangan untuk membuka kantor cabang di Kota Gudeg ini. Sehingga sampai pada kesimpulan Yogyakarta telah menjadi kota alternatif selain Jakarta dan Bandung bagi penggiat industri kreatif digital mengembangkan karyanya.

Sebagian besar, perusahaan kreatif digital di Yogya merupakan startup yang mulai tumbuh sejak tahun 2009. Kemudian pada tahun 2012 dan 2013 menjadi tahun yang paling banyak melahirkan startup dengan jumlah mencapai 35 startup per tahun.

Survei ini dilakukan dengan memanfaatkan platform survei online. Dalam penyebarannya mereka memanfaatkan media penyebaran digital semisal media sosial dan media online sebagai media partner.

Survei ini juga disebarkan melalui sms broadcast, poster, flyer, dan berbagai media lainnya. Hasilnya, mereka berhasil mengumpulkan lebih dari 1000 responden dalam 2 kategori yaitu: Sensus Individu Penggiat Industri Kreatif Digital dan Sensus Perusahaan Industri Kreatif Digital.

Berita Populer
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved