Biaya Menikah di Kabupaten Ini Rp 1,4 Juta

Agaknya, Peraturan Pemerintah Nomor 48/2014 tentang biaya nikah yang disahkan pada 6 Juli lalu hanya sebatas basa-basi.

Biaya Menikah di Kabupaten Ini Rp 1,4 Juta
SERAMBI/YUSMANDIN IDRIS
SYEIKH H Hasanoel Bashri HG atau lebih dikenal Abu Mudi melakukan ijab kabul dengan seorang linto baro dalam nikah massal di Dayah MUDI Mesra Samalanga, Bireuen, Rabu (13/8). 

SERAMBIUMMAH.COM,DURI - Agaknya, Peraturan Pemerintah Nomor 48/2014 tentang biaya nikah yang disahkan pada 6 Juli lalu hanya sebatas basa-basi. Betapa tidak, usaha meraup untung dari niat baik masyarakat yang hendak menikah masih dijadikan proyek uang masuk oleh oknum tak bertanggungjawab di Kantor Urusan Agama (KUA) Pinggir, Bengkalis.

Dari informasi yang diihimpun Tribun, biaya menikah di kecamatan terjauh di Kabupaten Bengkalis ini mencapai Rp 1,4 juta. Angka tersebut dikenakan untuk setiap pernikahan yang dilakukan di kediaman calon pengantin.

Sorang warga Kecamatan Mandau yang tak ingin disebutkan namanya mengatakan, ia dikenakan biaya lebih dari Rp 1 juta untuk pelaksanaan ijab kabul. Biaya tersebut diminta jika ijab kabul ingin dilaksanakan di rumah calon istrinya yang merupakan warga Kecamatan Pinggir.

Ia menyebut, biaya tersebut diminta dengan alasan uang transportasi dan setoran pada negara. "Rincian biaya dikenakan Rp 600 ribu untuk setoran ke rekening negara dan Rp 800 ribu untuk transportasi kepada oknum pegawai KUA," jelasnya kemarin, Minggu (28/9/2014).

Ia menyebut, biaya tersebut tak masuk akal karena adanya patokan pada biaya dikeluarkan. "Jika biaya tersebut memang untuk negara tak apa. Tapi kalau dipatok untuk pegawainya, berat sekali rasanya," tambahnya.

Editor: Sigit Rahmawan Abadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved