Breaking News:

Sidak, Menteri Agama Layani Selfie hingga Berdiri di Bus

Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, mengemban amanah penting dalam penyelenggaraan haji 1435 Hijriyah.

Tribun Kaltim/ Kholish Chered
Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, berbincang dengan Wardi Jamil, usai memberikan kesempatan duduk di kursinya pada bus shalawat jurusan Bab Malik-Terminal Kudai. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MAKKAH - Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, mengemban amanah penting dalam penyelenggaraan haji 1435 Hijriyah.

Sebagai Amirul Hajj, ia adalah pemimpin sekaligus penanggungjawab atas 168.800 jamaah haji Indonesia, yang merupakan "delegasi" terbesar di Tanah Suci.

Karena itu, Lukman terus memimpin koordinasi dan konsolidasi lintas sektor, sekaligus menjalankan evaluasi dan monitoring dalam aspek yang makro dan luas dalam penyelenggaraan ibadah haji 2014.

Meskipun mengemban tugas yang relatif "serius", Lukman juga tetaplah menjadi pribadi yang humanis. Inilah sisi-sisi humanis sang menteri yang dipotret oleh media di Makkah, Arab Saudi.

Pertama, saat memantau pergerakan bus shalawat di lima terminal di Makkah, Minggu (28/8/2014), Lukman ikut turun naik bus.

Bahkan saat di terminal Bab Malik, dalam kondisi terik dan padat, ia sempat "dicuekin" sopir bus Saptco saat ingin naik bus. Ia baru berhasil naik bus pada kesempatan berikutnya.

Saat berada di dalam bus, Lukman mendapat kursi di deretan depan. Baru beberapa saat duduk, ia melihat tiga orang jamaah yang duduk berdesakan di kursi berkapasitas dua orang.

Ia lalu memanggil salah satu pria tua di kursi itu untuk duduk di kursinya. Sedangkan Lukman memilih tetap berdiri hampir sepanjang perjalanan.

Pria berusia 65 tahun bernama Wardi Jamil, kloter 17 Bekasi, itu awalnya tak mengenali sang menteri. Namun belakangan perbincangan mengalir hangat, karena Wardi menceritakan tentang keluarganya yang merupakan tokoh masyarakat, yang juga dikenal oleh Lukman.

Kedua, dalam berbagai kesempatan Lukman selalu melayani warga yang curhat atau meminta foto bareng, termasuk gaya "selfie".

Ia dengan sabar meladeni berbagai topik curhat warga. Tentang foto bareng, ia selalu memberikan waktu. Namun ketika suasana semikin riuh ia hanya berkata "kalau foto terus, nanti saya tidak kerja-kerja," sambil tersenyum.

Berita Populer
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved