Breaking News:

8.300 Calhaj Reguler Daftar Tarwiyah

Sebanyak 8.300 orang jemaah haji reguler Indonesia tahun ini mendaftarkan diri untuk melaksanakan sunnah tarwiyah

Kementerian Agama
Nawawi, jamaah haji asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan, terpisah dari rombongan. Dia berjalan kaki dari Mekah ke Jeddah dalam kondisi kebingungan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MAKKAH - Sebanyak 8.300 orang jemaah haji reguler Indonesia tahun ini mendaftarkan diri untuk melaksanakan sunnah tarwiyah. Sebagian dari jamaah tersebut saat ini sudah tiba di Mina.

"Tahun ini yang mendaftar tarwiyah 8.300 orang dari jamaah reguler, lebih sedikit dari tahun lalu yang mencapai 10.000 jamaah," kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemenag, Zubaidi di Makkah, Rabu (1/10/2014).

Namun ia belum mendapatkan data peserta tarwiyah untuk jamaah haji khusus.

Zubaidi mengatakan, Kementerian Agama RI tidak memfasilitasi jamaah haji yang tarwiyah atau bermalam di Mina sebelum wukuf di Arafah. Karena ada persoalan transportasi yang cukup rumit.

"Kemenag tidak memogramkan tarwiyah bagi jamaah. Namun kalau jamaah mau melaksanakan tarwiyah, Kemenag tidak melarang. Tapi Kemenag tidak memberikan fasilitas dan itu menjadi tanggungjawab masing-masing," katanya.

Tarwiyah, dikatakan Zubaidi tidak diwajibkan. "Dari sisi teknis perjalanannya tidak mudah karena Tarwiyah di Mina dan jaraknya jauh dari Arafah sementara harinya berhimpitan dengan Wukuf," jelasnya.

Pada sisi lain, PPIH terus memantapkan persiapan menjelang masa puncak haji 1435 Hijriyah. PPIH juga meminta jamaah haji yang akan mengikuti kegiatan tarwiyah untuk mempersiapkan perbekalan.

Kegiatan tarwiyah merupakan napak tilas haji Rasulullaah SAW, dimana pelaksanaan haji diawali dengan bermalam di Mina mulai waktu dzuhur tanggal 8 Dzulhijjah sampai subuh hari tanggal 9 Dzulhijjah.

Setelah itu baru jamaah bergerak ke Arafah. Sedangkan jamaah Indonesia umumnya sudah bergerak ke Arafah tanggal 8 Dzulhijjah.

Berita Populer
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved