Breaking News:

Dehidrasi, Dua Jemaah Tarwiyah Masuk RS

Dua jemaah haji Indonesia yang mengikuti sunnah tarwiyah di Mina dirujuk ke Rumah Sakit Al-Wadi, Mina.

Tribun Kaltim/Kholish Chered
Seorang jamaah haji peserta tarwiyah berkonsultasi medis di klinik BPHI Madinah di Mina, Kamis (2/10/2014) malam 

SERAMBIUMMAH.COM, MINA - Dua jemaah haji Indonesia yang mengikuti sunnah tarwiyah di Mina dirujuk ke Rumah Sakit Al-Wadi, Mina. Mereka dirujuk usai mendapatkan penanganan medis di klinik Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) di Mina.

Kepala Seksi Kesehatan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja Madinah, dr Cecep Ali Akbar, mengatakan keduanya dirujuk setelah maghrib, Kamis (2/10/2014).

Pasien pertama adalah Sakini Marta Wireja (82 tahun, jemaah embarkasi Solo Kloter 45) yang mengalami dehidrasi dan shock secara psikologis. Kedua, Matanon Sanusi (70 tahun, jemaah haji khusus Arminareka) yang mengalami penyakit jantung.

"Pasien yang mengalami shock berat adalah istri dari jemaah yang meninggal dunia tadi pagi. Karena shock berat, kami memutuskan untuk dirujuk," kata Cecep. Suami Sakini, Mihraji Arsa Basari (usia 84 tahun), meninggal dunia Kamis (3/10/2014) pagi di tenda Mina karena penyakit paru-paru kronis.

Cecep mengatakan, selama pelaksanaan tarwiyah, pelayanan kesehatan tetap diberikan kepada jemaah, walaupun dalam standar minimal. Sejak pagi, sudah beberapa pasien yang mendapatkan pelayanan.

"Selama tarwiyah, sudah ada petugas dari Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) Madinah. Meskipun dalam standar yang minimal," katanya. Klinik BPHI Mina berada di samping kantor utama Misi Haji Indonesia.

Petugas kesehatan klinik BPHI Madinah di Mina terdiri dari 5 dokter umum, 1 dokter spesialis penyakit dalam, 4 perawat, 1 petugas farmasi, dan 8 unit ambulans yang standby. Plus tenaga musiman (temus) 27 orang. "Seluruh petugas tidak berhaji tahun ini," katanya.

Berita Populer
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved