Breaking News:

Haji Australia Lebih Mandiri

Nadia berangkat menunaikan ibadah haji pada tahun 2013 dengan suaminya. Awalnya ia iseng saja mengikuti sebuah kuliah soal haji

edwin widodo
Jemaah haji asal Australia saat di Tanah Suci 

SERAMBIUMMAH.COM - Nadia berangkat menunaikan ibadah haji pada tahun 2013 dengan suaminya. Awalnya ia iseng saja mengikuti sebuah kuliah soal haji yang digelar oleh komunitas Muslim Indonesia di Melbourne. Setelah berpikir ia memiliki kemampuan untuk berangkat, Nadia dan suaminya pun memutuskan untuk berangkat.

"Setelah ikut kuliah soal haji itu, saya semakin tertarik, kalau mampu sekarang, nunggu apa lagi?" ujar Nadia.

Sama seperti Edwin, Nadia mendaftar pada bulan Maret 2013 untuk keberangkatan akhir September 2013.

Ia dan suaminya mengikuti beberapa pelatihan soal haji, yang diadakan oleh travel agen, termasuk juga yang digelar oleh beberapa masjid.

Di Australia, manasik atau pelatihan haji ini seringkali dilakukan terpisah, sehingga para calon jemaah haji harus rajin-rajin mencari tahu siapa dan kapan manasik atau pelatihan haji dilakukan.

Nadia pun berbagi cerita saat melakukan ibadah haji. "Saya dan suami hanyalah orang Indonesia di grup kami, tapi ini menjadi kesempatan untuk saling mengenal budaya muslim dari negara lain," kata Nadia.

"Kita semua memiliki satu tujuan utama yakni mencari keridhaan Tuhan, dan identitas kita pun pada akhirnya adalah sama, sebagai Muslim. Karenanya perjalanan mereka pun penuh dengan dzikir, rasa bersyukur, dan berbagi dengan teman-teman satu kelompok, apapun yang dihadapi," tambahnya.

Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved