Breaking News:

Kopi Luwak Tangkupanparahu Rp 2,5 Juta Per Kilogram

Kopi luwak merupakan kopi alami yang diproses oleh alam melalui bantuan hewan luwak atau di daerah Jawa Barat dikenal sebagai careuh.

Kopi Luwak Tangkupanparahu Rp 2,5 Juta Per Kilogram
observers.france24.com
Seorang warga menyangrai kopi

SERAMBIUMMAH.COM - Kopi luwak merupakan kopi alami yang diproses oleh alam melalui bantuan hewan luwak atau di daerah Jawa Barat dikenal sebagai careuh.

Produksi biji kopi luwak sama sekali tidak dapat diprediksi jumlahnya karena sangat bergantung pada hewan luwak yang hidup liar di alam.

Berbeda dengan biji kopi luwak yang dihasilkan oleh luwak yang hidup di penangkaran atau dikembangbiakkan.

Ahli kopi luwak di Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Sujud Pribadi mengatakan, biji kopi luwak terbaik sangat terbatas jumlahnya karena petani tidak dapat memaksakan hewan luwak memakan kopi lalu membuang kotorannya.

Bila luwak ingin makan kopi dalam jumlah banyak, kemungkinan biji kopi yang berasal dari feses luwak pun akan cukup banyak.

Bila musang atau luwak tidak mau makan, kemungkinan para petani pun hanya gigit jari tidak mendapatkan feses musang yang sangat berharga tersebut.

"Limited itulah yang menjadikan kopi luwak mahal. Kopi luwak terbaik hanya dihasilkan oleh musang liar di alam, bukan musang yang dikandangkan," ujar pria yang juga membuka kafe kopi luwak di kawasan Cikole, Lembang, ini.

Salah satu jenis kopi luwak termahal adalah Kopi Luwak Tangkubanparahu. Disebut Kopi Luwak Tangkubanparahu karena kopi luwak dengan kualitas terbaik ini dihasilkan oleh musang liar alam yang hanya memakan kopi jenis arabika di wilayah pegunungan Tangkubanparahu, Kecamatan Lembang.

"Kopi Luwak Tangkubanparahu harganya mencapai Rp 2,5 juta per kilogram," ujar Sujud.

Tags
kopi luwak
Berita Populer
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved