Breaking News:

Bank Belum Siap Pemisahan Unit Syariah

Dalam road map sejumlah bank dijelaskan, mereka ingin melaksanakan spin off di tahun-tahun tertentu.

SERAMBIUMMAH.COM,JAKARTA - Dalam road map sejumlah bank dijelaskan, mereka ingin melaksanakan spin off di tahun-tahun  tertentu. Tanpa menyebut nama, ada bank yang akan spin off unit syariahnya tahun depan. Namun ada pula yang ingin spin off, jika unit usaha syariah sudah memiliki aset dalam nominal tertentu.

Hingga Agustus 2014 OJK mencatat, ada 12 bank umum syariah, 22 unit usaha syariah, serta 163 Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS). Khusus BUS dan UUS, seluruhnya memiliki total aset senilai Rp 251,26 triliun dan penghimpunan dana pihak ketiga Rp 194,64 triliun.

Hulmansyah, Direktur Keuangan Bank Tabungan Negara (BTN) mengatakan, BTN baru akan memisahkan UUS pada tahun 2017. Dia bilang,  spin off UUS BTN baru akan dilakukan jika asetnya sudah Rp 20 triliun, dari saat ini Rp 10 triliun.
"Saat ini kami dalam persiapan di teknologi informasi, sumber daya, dan fokus bisnis," ujar Hulmansyah.

Sementara, Parwati Surjaudaja, Direktur Utama OCBC NISP menyatakan, spin off UUS masuk dalam rencana jangka panjang NISP. "Perkiraan kami masih 3 tahun-5 tahun lagi. Karena kami ingin memastikan size-nya sudah mencapai economic of scale memadai," imbuhnya.

Berita Populer
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved