Breaking News:

Koper Haji Berangkat Dulu

Sebelum jemaah tiba di bandara, koper-koper mereka telah diangkut terlebih dahulu, paling telat dua hari sebelum kedatangan

Koper Haji Berangkat Dulu
net
Barang bawaan haji

SERAMBIUMMAH.COM,MAKKAH - Sebelum jemaah tiba di bandara, koper-koper mereka telah diangkut terlebih dahulu, paling telat dua hari sebelum kedatangan si pemilik di bandara. Koper mereka akan diurus rekanan kargo maskapai yang disebut tahmil watanzil. Rekanan ini yang akan menerima dan mengirim barang atau bagasi ke penerbangan.

Imbauan agar jamaah tidak bawa air zamzam di koper juga disampaikan Kepala Daerah Kerja Mekah Endang Jumali. Sebelum dibawa oleh rekanan maskapai, biasanya koper akan ditimbang di pemondokan-pemondokan jamaah. Di sini juga akan ketahuan siapa saja yang menyimpan zamzam di dalam kopernya.

Jika ditemukan air di dalam koper saat penimbangan, maka air akan dikeluarkan. Jika jemaah tidak mau, maka koper akan dikeluarkan dan mereka diminta mengurus sendiri kopernya, dengan terlebih dahulu menandatangani surat pernyataan bahwa yang bersangkutan tidak mau meninggalkan zamzam.

Dengan adanya surat itu, maka pihak PPIH dan cargo tidak bertanggungjawab. "Mereka yang mengurus sendiri barangnya," kata Ketua PPIH Daerah Kerja Jeddah Ahmad Abdullah Yunus.

Selanjutnya, jika pada situasi lain jamaah berhasil meloloskan airnya dalam koper dan kemudian ternyata ketahuan di bandara sebelum keberangkatan maka koper itu akan dipisahkan. Selanjutnya, pihak kargo yang bertanggung jawab untuk mengirimnya setelah air dikeluarkan. "Sehingga koper akan tiba di Tanah Air lebih lama," katanya.

Endang mengatakan sebenarnya perusahaan kargo diminta untuk mengadakan alat detektor air portable. Namun karena proses pengadaannya dari Belgia cukup lama maka alat terlambat datang. Akibatnya untuk mengeceknya, saat penimbangan koper akan digoyang-goyang untuk mengetahuinya.

Tahun ini setiap jamaah akan mendapat lima liter air. Pada tahun lalu, jemaah yang menggunakan Saudia Airlines mendapat 10 liter, sedangkan yang menggunakan Garuda hanya mendapat lima liter. "Karena ada kecemburuan maka sekarang dibuat rata masing-masing lima liter," katanya.

Berita Populer
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved