Ingat Amanah, Ingatlah Allah

Maaf tuan, Saya hanyalah seorang budak. Dan ini semua adalah ternak majikanku. Aku tidak berani menjualnya tanpa sepengetahuan

Ingat Amanah, Ingatlah Allah

SERAMBI UMMAH.COM - SUATU hari Khalifah ‘Umar bin Khaththab radhiyallahu ‘anhu melakukan perjalanan. Ketika tengah beristirahat, tiba-tiba pandangannya terfokus kepada seorang anak kecil yang tengah menuruni gurun. Ia tengah menggembala kambing. Jumlah ternak yang ia gembalakan terbilang cukup banyak.

Terbersit dalam benak ‘Umar untuk menguji kejujuran anak tersebut, sehingga terjadilah dialog antar keduanya.

“Sudilah kiranya engkau menjual seekor ternakmu kepadaku,” tawar Umar.

“Maaf tuan, Saya hanyalah seorang budak. Dan ini semua adalah ternak majikanku. Aku tidak berani menjualnya tanpa sepengetahuan atau izin darinya,” jawab sang anak dengan lugas dan tegas.

“Jumlah ternak majikanmu sangat banyak. Ia tidak akan tahu hal ini. Kalaupun ia tahu, maka sampaikan saja bahwa seekor ternaknya telah dimangsa serigala,” lanjut Umar.

“Jika kukatakan itu, lantas dimana Allah?”  jawab sang penggembala.

Mendengar jawaban dari anak tersebut, jiwa ‘Umar bergemuruh. Beliau memeluk anak tersebut sambil berlinang air matanya. Khalifah bergelar Amirul Mukminin ini kemudian menemui majikan sang penggembala, dan memerdekakannya.

Kepada sang penggembala itu ‘Umar berujar, “Kata-katamu itu telah membebaskanmu dari perbudakan di dunia. Semoga kelak kata-kata itu dapat membebaskanmu dari siksa neraka.”

Manusia dan Amanah

Manusia dan amanah bak dua keping mata uang yang tak terpisahkan. Di mana pun manusia dilahirkan ataupun berpijak, maka di situ pula amanah dipikulnya. Apapun status sosialnya; pejabat atau pun rakyat jelata, kaya atau pun miskin, kaum terpelajar ataupun mereka yang tidak mengenyam bangku pendidikan, semua mengemban amanah. Minimal dalam skup kecil, mereka memiliki amanah untuk menjaga diri dan keluarga mereka dari suatu hal yang membahayakan di dunia, lebih-lebih di akhirat kelak.

Halaman
123
Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved