Breaking News:

Penyewaan Pemondokan Madinah Gunakan Blocking Time

Pemasalahan pemondokan haji tahun depan makin pelik.Pasalnya, hotel-hotel dekat Masjid Nabawi akan dirobohkan menyusul perluasan masjid

Penyewaan Pemondokan Madinah Gunakan Blocking Time
net
Masjid Nabawi

SERAMBIUMMAH.COM,MAKKAH - Pemasalahan pemondokan haji tahun depan makin pelik.Pasalnya, hotel-hotel dekat Masjid Nabawi akan dirobohkan menyusul perluasan masjid. Tak ayal, persaingan dengan negara lain untuk mendapat hotel yang dekat dengan masjid Nabawi makin ketat.

Diperlukan antisipasi masalah itu dengan cara menyiapkannya sejak sekarang. Masalahnya, saat ini anggota DPR baru saja dilantik, sehingga belum siap mengambil keputusan atas situasi yang sekarang harus segera dilakukan. Sementara jadwal pelaksanaan haji semakin lama semakin maju karena yang dipakai patokan adalah tahun hijriah bukan masehi.

"Karena itu untuk sistem pemondokan di Madinah, saya sepakat dengan Pak Dirjen, blocking time. Blocking time itu, masa pemblokiran dari kita, harus kita sewa dan tidak boleh dipindahkan," kata Jasin.

Ini untuk menghindari penempatan jamaah di luar markaziah seperti yang terjadi pada gelombang pertama, di mana 17.000 jamaah ditempatkan jauh dari Masjid Nabawi. Bahkan ada yang jaraknya sampai 3 kilometer.

"Sistem blocking time itu belum pernah dilakukan sebelumnya. Ini merupakan bagian dari reformasi haji Artinya, dengan sistem ini ada suatu kepastian hukum dan kepastian jemaah untuk bertempat tinggal. Kalau tidak ada kepastian seperti sekarang membahayakan dari aspek hukum dan kepastian penempatan jemaah. Sangat riskan," kata Jasin.

Berita Populer
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved