Breaking News:

Perlu Peningkatan Kualitas Layanan Haji

Inspektur Jenderal Kemenag M Jasin mengatakan, peningkatan kualitas layanan membawa konsekuensi tersendiri, yakni adanya tambahan biaya

Perlu Peningkatan Kualitas Layanan Haji
anara
Jemaah haji sakit

SERAMBIUMMAH.COM,MAKKAH - Inspektur Jenderal Kementerian Agama M Jasin mengatakan, peningkatan kualitas layanan membawa konsekuensi tersendiri, yakni adanya tambahan biaya. Untuk itu upaya yang akan dilakukan adalah membuat Peraturan Menteri Agama bahwa peningkatan kualitas layanan ini tidak tumpang tindih dengan general services fee yang dibayarkan pemerintah Indonesia kepada pemerintah Arab Saudi, yakni sebesar 1.029 riyal per jemaah.

General services fee ini, selain untuk biaya transportasi juga untuk sewa tenda karpet dan lokasi saat wukuf di Arafah. General services sebesar itu berlaku untuk semua negara di kawasan Asia Tenggara.

"Kita ingin walau tempat tinggal hanya sehari semalam harus bagus. Istilahnya bisa menyesuaikan dengan cuaca. Kalau cuaca ekstrem nggak ada AC, nggak ada kipas kan kasihan jamaah, dan itu harus khusyuk berdoa. Karena itu harus ada reformasi berkaitan dengan kualitas layanan di Arafah," kata dia.

Jasin menambahkan, payung hukum untuk tambahan biaya penyewaan karpet, AC, kulkas, dan dispenser diharapkan segera dibuat agar jemaah bisa nyaman berada di tenda.

"Kalau sekarang dirasakan sangat berpengaruh pada kesehatan, cuacanya keras dan tendanya banyak yang bolong, hambal lusuh, kan kasihan jamaah. Alangkah bagusnya, tempat bagus, nyaman ibadahnya, malam bisa baca Al Quran karena ada penerangan," kata dia.

Dalam pelaksanaan wukuf di Arafah, puluhan jamaah haji terutama yang berusia lanjut dan kelompok jemaah berisiko tinggi tumbang akibat cuaca ekstrem. Jamaah dilarikan ke BPHI Arafah usai khutbah wukuf dan shalat dzuhur. Jumlahnya lebih dari 80 orang. Sementara yang meninggal tercatat empat orang.

Berita Populer
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved