Breaking News:

Tips Bagi Jamaah Haji yang Sudah Kembali

Sejak Kamis (9/10)) jamaah haji Indonesia sudah mulai pulang ke Tanah Air. Agar para jamaah haji bisa menjaga kemabrurannya dan tetap sehat

ANTARANews/Unggul Tri Ratomo
Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Abdul Djamil (kanan), di Makkah, Senin malam, memberikan kompensasi sebesar 300 riyal kepada perwakilan jamaah haji karena ditempatkan jauh dari Masjid Nabawi saat berada di Madinah. 

SERAMBIUMMAH.COM - Sejak Kamis (9/10)) jamaah haji Indonesia sudah mulai pulang ke Tanah Air. Agar para jamaah haji bisa menjaga kemabrurannya dan tetap sehat, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Prof Tjandra Yoga Aditama memberikan lima tips bagi jamaah haji yang sudah kembali ke Tanah Air.

- Kegiatan fisik ketika menjalankan ibadah haji cukup berat. Begitu sampai Indonesia, ada bagusnya beristirahat sejenak, untuk memulihkan stamina.
- Perbedaan waktu antara Indonesia dan Arab Saudi dapat menimbulkan “jetlag”. Segeralah ikuti waktu/ jam tidur di Tanah Air, supaya irama tubuh segera kembali pulih.
- Infeksi saluran napas bawah (bronkitis sampai pneumonia) di Tanah Air dapat juga terjadi bila daya tahan tubuh lemah. Waspadalah kalau ada keluhan batuk dan demam begitu sampai Tanah Air, segera konsultasi ke petugas kesehatan.
- Kalau selama ini sudah ada penyakit kronik (jantung, ginjal, hipertensi, diabetes mellitus, dan lain-lain), maka perlu mengecek keadaan laboratorium/pemeriksaan terkini sesudah selesai aktivitas ibadah haji.
- Waspadai tiga penyakit yang banyak dikawatirkan, walaupun memang sampai sekarang tidak terjadi, yaitu meningitis, ebola, dan MERS CoV. Sehingga, kalau mengalami demam, batuk-batuk, dan pilek segera periksa ke dokter.(rol)

Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved