Dana Anti-Macet Saudi Setara Investasi 3 Pabrik Motor di RI

Kemacetan parah bukan persoalan penduduk Jakarta saja. Negara kaya minyak seperti Arab Saudi juga mengalami masalah itu.

Editor: Edinayanti
thedailybeast.com
Pemerintah kota Jeddah mengalokasikan anggaran untuk mengatasi kemacetan setara dengan pembangunan 3 pabrik kawasaki di Indonesia. 

SERAMBIUMMAH.COM - Kemacetan parah bukan persoalan penduduk Jakarta saja. Negara kaya minyak seperti Arab Saudi juga mengalami masalah itu. Beruntungnya, negara petrodolar ini memiliki uang tak terbatas untuk mengatasinya.

Pemerintah kota Jeddah, Arab Saudi, dilaporkan telah menyiapkan anggaran 1 miliar riyal setara Rp 3,19 triliun untuk mengatasi kemacetan yang makin kronis.

Jika digunakan di Indonesia, anggaran yang disiapkan pemerintah Jeddah ini setara dengan 3 pabrik baru Kawasaki yang berdiri di Bekasi, Jawa Barat. Hitungannya, investasi pabrik berkapasitas 150 ribu motor setahun dari PT Kawasaki Motor Indonesia membutuhkan dana Rp 1 triliun.

Juru Bicara Pemerintah Kota Jeddah, Mohammed Al-Buqami, seperti dikutip laman Arabnews.com, Rabu, 21 Oktober 2014, mengatakan anggaran pembangunan persimpangan ini akan memanjang hingga jalan-jalan sepanjang pantai.

Tak hanya itu. Jeddah juga bakal membangun jalan bebas hambatan di rute sama yang menghubungkan Jeddah-Laith Highway.

Para kontraktor pembangunan proyek ini rencananya akan mulai bekerja dalam beberapa pekan ke depan.

Al-Buqami menjelaskan, persimpangan jalan ini akan menghubungkan jalan Mekah Lama, Jembatan Al-Falah, Television Street, Jalan King Faisal, hingga Al-Khamra.

Sebuah kalan melingkar akan dibangun dan pararel dengan jalur Al-Haramain. Sama dengan Indonesia, proses penyelesaian proyek ini sangat tergantung pada akuisisi lahan yang terpakai. Pemerintah Saudi berjanji akan memberikan kompensasi 5.000 riyal per meter persegi. (drc)

Sumber: Tribunnews
Tags
arab saudi
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved