Kota `Matilah Yahudi` Diminta Ganti Nama

Sebuah kota kecil di Prancis memiliki nama unik: La-mort-aux-Juifs. Jika diartikan dalam Bahasa Inggris, nama kota yang terletak

Editor: Edinayanti
www.washingtonpost.com
Kota Matilah Yahudi, Nama itu membuat orang-orang Yahudi resah. Sehingga, organisasi orang-orang Yahudi, Simon Wiesenthal Centre, mengajukan petisi kepada pemerintah Paris agar nama kota tersebut bisa diubah. 

SERAMBIUMMAH.COM - Sebuah kota kecil di Prancis memiliki nama unik: La-mort-aux-Juifs. Jika diartikan dalam Bahasa Inggris, nama kota yang terletak 60 mile sebelar selatan Kota Paris itu berarti `Death to Jews` atau dalam Bahasa Indonesia berarti `Matilah Yahudi`.

Nama itu membuat orang-orang Yahudi resah. Sehingga, organisasi orang-orang Yahudi, Simon Wiesenthal Centre, mengajukan petisi kepada pemerintah Paris agar nama kota itu bisa diubah.

"Nama itu tanpa diketahui selama tujuh puluh tahun sejak pembebasan Perancis dari Nazi," demikian tulis Shimon Samuels, Direktur Hubungan Internasional Simon Wiesenthal Centre, dalam suratnya kepada Menteri Dalam Negeri Prancis, sebagaimana dikutip Dream dari TIME, Senin 21 Oktober 2014.

Namun Wakil Walikota Cortemaux, Marie-Elizabeth Secretand, menyatakan menolak untuk mengganti nama kota. Dia meminta semua pihak menghormati tradisi di wilayah itu, termasuk menghormati nama yang sudah sejak lama disematkan itu.

"Ini konyol. Nama ini dari dulu sudah ada," kata Secretand. "Tak seorang pun menentang Yahudi. Buat apa mengganti nama ke zaman abad pertengahan atau yang lebih tua dari itu? Kita harus hormati nama ini," tambah dia.

Secretand mengatakan, petisi seperti ini bukan kali ini saja diajukan. Dua puluh tahun silam, juga ada upaya meminta penggantian nama wilayah yang hanya memiliki dua rumah dan sebuah peternakan itu sudah diajukan. Namun ditolak.

Meski demikian, Samuel yang menjadi wakil kelompok Yahudi tetap meminta kota ini berganti nama, karena semakin meningkatnya sentimen anti-Semit di Eropa.

Nama yang 'mendeskreditkan` Yahudi tak hanya ada di Prancis. Pada Mei lalu, sebuah kota di Spanyol berganti nama dari Castrillo Matajudios (Bukit Kecil Pembunuh Yahudi) menjadi Mota de Judios (Bukit Yahudi). (drc)

Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer

    Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved