Jauhi Bohong, Meski Untuk Melucu

Seandainya upaya pencintraan tersebut memang apa adanya alias jujur

Jauhi Bohong, Meski Untuk Melucu
shutterstock
ilustrasi 

SERAMBIUMMAH.COM - DI ERA modern, utamanya di dunia politik saat ini, umum kita mendengar istilah pencitraan. Jika merujuk pada arti kata dasarnya, ‘citra’ yang berarti gambaran yang dimiliki orang banyak (publik) mengenai pribadi, organisasi, perusahaan ataupun produk, maka pencitraan bisa dipahami sebagai proses untuk menggambarkan kebaikan-kebaikan pada diri seseorang, organisasi, perusahaan atau pun produk.

Seandainya upaya pencintraan tersebut memang apa adanya alias jujur, tentu tidak ada masalah. Akan tetapi, jika pencitraan itu sejatinya jauh panggang dari api, maka hal seperti itu bisa menjerumuskan manusia pada praktik kebohongan, yang dalam Islam ini jelas tidak bisa disepelekan atau diremehkan.

Sebab, berbohong, bagaimanapun itu dianggap dan mungkin memang dirasakan memberikan keuntungan, pada hakikatnya sama sekali tidak ada keuntungan yang diperoleh. Di sisi lain, kebohongan mengantarkan pelakunya pada neraka, sebesar apapun harapannya untuk hidup bahagia.

“Sesungguhnya kejujuran menunjukkan kepada perbuatan baik, dan perbuatan baik menunjukkan kepada surga dan sesungguhnya seseorang yang membiasakan jujur ia akan dicatat di sisi Allah sebagai orang yang jujur. Dan, sesungguhnya dusta menunjukkan kepada perbuatan dosa, dan perbuatan dosa menunjukkan kepada neraka, dan sesungguhnya seseorang yang biasa berdusta ia akan dicatat di sisi Allah sebagai pendusta.” (HR. Bukhari Muslim).

Muslim yant taat, entah ia sebagai pemimpin, pengusaha, politisi, birokrat, karyawan sampai buruh sekalipun, tidak akan pernah mau, apalagi sampai suka rela untuk melakukan kebohongan-kebohongan. Sebab, cepat atau lambat, kebohongan pasti menjerumuskan pelakunya pada kesengsaraan besar, baik di dunia, lebih-lebih di akhirat.(kmng)

Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved