Breaking News:

Masjid `Ramah Perempuan` Bermunculan di Dunia

Memenuhi kebutuhan perempuan muslim, semakin banyak saja masjid di seluruh dunia yang berlabel masjid 'ramah perempuan'.

Editor: Edinayanti
traveltips.altervista.org
masjid biru turki 

SERAMBIUMMAH.COM - Memenuhi kebutuhan perempuan muslim, semakin banyak saja masjid di seluruh dunia yang berlabel masjid 'ramah perempuan'.

Masjid-masjid itu menawarkan lebih banyak ruang bagi perempuan untuk beribadah dan mengajak mereka terlibat aktif dalam kegiatan masjid.

"Kami sering mempertanyakan, mengapa kita tidak melayani kebutuhan perempuan dan tidak menciptakan arsitektur untuk memenuhi kebutuhan laki-laki dan perempuan," kata Fiyaz Mughal dari Faith Matters kepada kantor berita Anadolu, Selasa 18 November 2014..

"Tapi sekarang banyak masjid yang mulai bergerak melayani kebutuhan jamaah perempuan sejak 10 tahun yang lalu," kata pendiri dan direktur organisasi lintas agama di Inggris itu.

Mughal menyerukan, permintaan jutaan wanita muslim yang menginginkan peran lebih dalam masjid. Salah satunya Hatice Esser yang menginginkan adanya perluasan tempat salat bagi perempuan.

"Aku sering menghabiskan waktu di luar rumah dan aku membutuhkan tempat untuk beribadah," kata mahasiswi Turki 21 tahun itu. "Memang ada masjid yang sudah menyediakan, tapi fasilitasnya tidak memadai."

Bagi Esser dan perempuan muslim di Turki, mimpi memiliki masjid yang ramah perempuan sebentar lagi akan terwujud. Pemerintah Turki tengah membangun Masjid Camlica di Istanbul yang akan memiliki ruang yang luas bagi perempuan untuk melakukan kegiatan keagamaan.

Arsitektur masjid selama ini didominasi oleh kaum laki-laki. Tapi di Turki, kaum perempuannya mulai terlibat dalam urusan rancang-merancang masjid.

Dengan biaya US$66,5 juta, rancangan Masjid Camlica dikerjakan oleh dua arsitek perempuan, Bahar Mazrak dan Hayriye Gül Totu.

Diperkirakan akan menjadi masjid terbesar di Turki, Camlica akan dibangun di atas lahan seluas 30.000 meter persegi di distrik Uskudar, Istanbul.

Halaman
12
Berita Populer
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved