Breaking News:

Hobi Memasak Ternyata Membuat Orang Lebih Sehat

Bagi anda yang sedang menjaga pola makan untuk memiliki pola hidup yang lebih sehat, temuan riset terbaru ini dapat menjadi kabar gembira.

Editor: Edinayanti
dream.co.id
ILUSTRASI 

SERAMBIUMMAH.COM - Bagi anda yang sedang menjaga pola makan untuk memiliki pola hidup yang lebih sehat, temuan riset terbaru ini dapat menjadi kabar gembira. Sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health Research menunjukkan kunci sukses diet terletak pada bekal makanan yang disiapkan dari rumah.

"Ketika orang memasak makanan di rumah, mereka cenderung mengkonsumsi karbohidrat, gula, dan lemak yang lebih sedikit dibandingkan mereka yang jarang masak atau tidak pernah masak sama sekali," kata Julia A. Wolfson, MPP dari Hopkins Center seperti diwartakan The Sun Daily.

Dalam riset yang melibatkan 9.000 orang berusia 20 tahun ke atas, diketahui sekitar 8 persen dari mereka terbiasa masak makan malam minimal sekali dalam seminggu dan mereka mengkonsumsi rata-rata 2.301 kalori, 84 gram lemak dan 135 gram gula per hari. Sementara 48 persen responden yang memasak makan malam setiap hari dalam sepekan rata-rata mengkonsumsi 2.164 kalori, 81 gram lemak, dan 119 gram gula per hari.

Hal tersebut tentu menjadi kabar baik bagi mereka yang sedang menjalani program diet. Menariknya, mereka yang kerap memasak di rumah memiliki kecenderungan makan lebih sedikit saat mereka makan malam di luar.

Drs Wolfson dan Bleich mendapati kebiasaan tersebut karena mereka yang terbiasa memasak di rumah tidak terlalu bergantung pada makanan beku dan cenderung memilih makanan cepat ketika makan di luar. Namun, para peneliti menyadari tidak mudah untuk membuat orang tertarik dengan urusan memasak di daput.

"Waktu dan kendala keuangan merupakan hambatan penting bagi banyak orang untuk memasak dan menyiapkan makanan sehat. Orang yang terbiasa memasak akan mengambil manfaat dari kebiasaan tersebut mulai dari memilih menu, menyiapkan bahan masakan, hingga mengolah makanan dan mengetahui kadar kalori pada menu yang mereka buat dan dibandingkan dengan menu yang sama di restoran," ungkapnya.

Tags
hobi
Berita Populer
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved