Breaking News:

Arab Saudi Umumkan Dimulainya Musim Umrah Tahun 1436 H

Bandar bin Muhammad Hajjar, mengatakan bahwa peraturan yang telah ditinjau, direvisi dan diperbaharui oleh lembaga pemerintah

Editor: Didik Trio
Arab Saudi Umumkan Dimulainya Musim Umrah Tahun 1436 H
serambiummah.com/net
Menteri Haji Dr. Bandar bin Muhammad Hajjar

SERAMBIUMMAH.COM - Menteri Haji Dr. Bandar bin Muhammad Hajjar, Kamis (27/11) telah mengumumkan dimulainya musim umrah tahun 1436H dan penerapan peraturan baru dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para jamaah sesuai yang diharapkan oleh para pimpinan Kerajaan Arab Saudi. Kementerian Haji juga telah menerapkan system interaksi elektronik terbaik di kawasan Timur Tengah.

Bandar bin Muhammad Hajjar, mengatakan bahwa peraturan yang telah ditinjau, direvisi dan diperbaharui oleh lembaga pemerintah dan swasta itu merupakan pedoman kegiatan musim umrah tahun ini. Menteri Haji juga menghimbau, agar seluruh perusahaan dan lembaga yang bekerja di sector umrah agar senantiasa mencurahkan semua daya dan upaya mereka dalam memberikan pelayanan kepada para tamu Allah.

Selain itu, Ia juga megungkapkan insyaAllah system e-path umrah sudah dapat bekerja untuk melayani gelombang-gelombang pertama permohonan visa umrah sejak awal bulan Shafar. Gelombang pertama itu akan sampai di Tanah Suci beberapa hari setelah permohonan visa.

Sistem e-path sudah memperoleh sukses besar pada musim umrah 1435 H, dimana jumlah Jemaah umrah luar negeri tahun kemarin merupakan yang terbesar dalam sejarah umrah yakni mencapai angka 6.051.000 jemaah. Dari jumlah tersebut tercatat pada system e-path jemaah over stay sekitar 600 orang atau 0.001%.

Menteri juga menyampaikan sejumlah peraturan baru yang telah diumumkan oleh Kementerian Haji kepada lembaga-lembaga yang telah mendapatkan lisensi di dalam dan luar Arab Saudi. Tujuannya untuk mengatur prosedur umrah, meningkatkan kualitas layanan, dan menjaga hak-hak jamaah. Diantara peraturan tersebut adalah peraturan-peraturan terkait pemberian visa, paket layanan, tugas agen luar negeri, pelatihan SDM, sistem pengawasan, kesiapan lokasi untuk perusahaan dan muasasah (lembaga), mekanisme evaluasi kinerja perusahaan di Arab Saudi dan agen-agennya di negara-negara asal jamaah, mekanisme kedatangan jamaah dari negara-negara yang tidak memiliki agen perwakilan luar negeri. Dijelskan juga bahwa Kementerian Haji akan membangun jaringan elektronik global umrah, bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri, untuk mengatur kedatangan jamaah umrah luar negeri, memberikan kesempatan umrah kepada semua umat Islam di seluruh dunia, dan memberikan kemudahan pengurusan hal itu, tanpa melanggar peraturan-peraturan yang telah ditentukan.
Hal itu dilakukan mengingat sejumlah negara tidak memiliki agen perwakilan luar negeri yang bertugas mengatur kedatangan jamaah umrah, sehingga meniscayakan adanya mekanisme yang tepat untuk mengatur kedatangan mereka.

Menteri memuji pencapaian tersebut yang didapat tidak secara kebetulan, melainkan hasil dari usaha besar dari sektor umrah di Kementerian Haji, bekerjasama dengan sektor-sektor terkait lainnya. Ia menegaskan, karena Kementerian Haji merasakan akan pentingnya melakukan persiapan sedini mungkin untuk musim umrah tahun ini, maka pihaknya telah melakukan persiapan sebelum selesainya kegiatan umrah tahun 1435H. Telah diadakan sejumlah pertemuan dengan perusahaan dan muasasah umrah serta lembaga-lembaga terkait di Kementerian Haji, untuk memastikan penyerahan program kerja dan catatan positif dan negatif dalam pemberian layanan pada tahun lalu.

Ia juga mengatakan bahwa siklus kinerja di sektor umrah semuanya dilakukan secara otomatis, demi mempersingkat waktu pengurusan visa umrah. Dengan demikian, waktu yang diperlukan dalam pengurusan visa, sejak seorang jamaah umrah memilih paket layanan hingga permohonan visanya disetujui atau ditolak, dilakukan hanya beberapa jam saja. Padahal sebelumnya pengurusan visa ini memakan waktu berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu. Namun saat ini dapat dilakukan dengan sangat cepat tanpa melanggar satu pun regulasi keamanan atau pelayanan yang ada.

Berdasarkan sumber dari The Ministtry of Hajj Portal Kerajaan Arab Saudi ditampilkan data Statistik Jemaah umrah sampai dengan tanggal 11/2/1436 H Pukul 24.00 Was berjumlah 8966 jemaah.(kmng)

Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved