Breaking News:

Musibah di 2014, Saatnya Muhasabah

peristiwa di tahun lalu membuka kembali kepiluan kita, bencana yang terjadi di negeri ini tak henti-hentinya menghampiri negeri yang kaya

Editor: Halmien
Musibah di 2014, Saatnya Muhasabah

SERAMBI UMMAH.COM - TAHUN 2014 telah berlalu, serangkaian peristiwa pun telah terjadi dan mewarnai catatan di tahun lalu. Baik dan buruk catatannya menjadi pelajaran bagi kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik dengan tetap berkiblat pada aturan dari Sang Maha Kuasa Allah Subhanahu Wa Ta’aala .

Serangkaian peristiwa di tahun lalu membuka kembali kepiluan kita, bencana yang terjadi di negeri ini tak henti-hentinya menghampiri negeri yang kaya akan sumber daya alam ini. Bencana memang menjadi ancaman yang nyata bagi kita. Data sementara bencana yang terjadi di Indonesia pada tahun 2014 Sebanyak 1.525 kejadian bencana sudah menyebabkan 566 orang tewas, 2,66 juta jiwa mengungsi, lebih dari 51 ribu rumah rusak dan ratusan bangunan umum rusak. (metrotvnews.com, 31/12/2014)

Bencana terjadi tentu saja menghasilkan dampak kerugian yang tidak sedikit, sebut saja kerugian ekonomi mencapai puluhan triliun rupiah seperti dampak kebakaran hutan dan lahan yang mencapai Rp 20 triliun, banjir Jakarta Rp 5 triliun, banjir di Pantura Jawa Rp 6 triliun, banjir bandang di Sulawesi Utara yang mencapai Rp 1,4 triliun, banjir dan longsor di 16 kabupaten/kota di Jawa Tengah Rp2,1 triliun dan lain-lain.

Bencana yang terjadi 99 persen adalah bencana hidrometeorologi. Angin puting beliung adalah jenis bencana yang paling dominan selama tahun 2014, yaitu sebanyak 496 kejadian. Bencana ini sudah menyebabkan korban jiwa 57 orang, 10.707 jiwa mengungsi, dan lebih 23 ribu rumah rusak selama 2014.

Halaman
123
Tags
Musibah
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved