Temukan Kebahagiaan dengan Tahapan Dzikir

Karena sesungguhnya dzikir itu diperintahkan oleh Allah untuk mengingat Dia ditiap ruang dan waktu.

Temukan Kebahagiaan dengan Tahapan Dzikir

SERAMBI UMMAH.COM - SEMUA pasti menginginkan kebahagiaan, tidak ada di dunia ini orang menginginkan kesengsaraan dalam hidupnya. Kita bisa mencapai kebahagiaan itu hanya dengan dzikir karena dzikir adalah sumber ketenangan jiwa. Dengan dzikir hidup akan terasa tentram dan damai, hingga sampai pada kesejahteraan hidup. Banyak orang melupakan zikir, padahal di dalam dzikir kita akan menemukan kemudahan dari segudang harapan kita kepada Allah. Dengan dzikir kita tidak akan merasa hidup berlaku sewenang-wenang dan akan selalu terawasi oleh penglihatan Allah.

Secara harfiah Dzikir berati ingat, tentu saja ingat kepada Allah SWT.Tujuan kita beribadah adalah untuk mengingat kepada Allah.

Karena sesungguhnya dzikir itu diperintahkan oleh Allah untuk mengingat Dia ditiap ruang dan waktu. Ketika malam atau siang, ketika kaya atau miskin, di waktu sehat atau sakit. Singkatnya dalam keadaan apapun dan bagaimanapun, tidak dibatasi uzur apapun. Dzikir merupakan upaya untuk mensucikan hati kita, dari kotoran-kotoran hati yang dengan sengaja atau tidak telah kita corengkan kepadanya.

Ada beberapa bentuk dzikir yang kita kenal di antaranya, pertama, dzikir qalbiyah lazimnya disebut ihsan. Dzikir qalbiyah merupakan hal yang sangat mendasar bagi keimanan seseorang hati itu ibarat cermin. Semakin bersih dan bening hati seorang mukmin, maka semakin jelas ia memandang hakikat kebenaran di manapun dirinya berada, ia merasa kehadiran Allah begitu dekat.

Dalam hati yang bening, akan Nampak mudah merasakan getaran-getaran Allah dalam jiwanya. Namun bila hatinya kotor, maka sangat sulit menangkap hakikat keberadaan Allah yang begitu dekat. Ia tidak mampu menangkap sinyal-sinyal gaib yang diperlihatkan oleh Rabb yang Maha Perkasa.

Seorang yang melakukan dzikir qalbiyah tidak akan berlarut-larut dalam kesedihan, ketakutan, kecemasan dan kegelisahan.

“Bukankah Allah cukup untuk melindungi hamba-hamba-Nya,”(QS. Az-Zumar: 36)

Jaminan kecukupan akan datang dengan sempurna jika kualitas penghambaan seorang hamba diaplikasikan secara sempurna.

“Sesungguhnya hamba-hambaku tidak ada kekuasaan bagimu terhadap mereka,” (QS. Al-Hijr: 42)

Dengan berdzikir kita akan mendapatkan ketenangan, rahmat, kedamaian, dan sifat-sifat terpuji.

Halaman
12
Tags
Zikir
Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved