Breaking News:

Kunci Sukses dapatkan Ketenangan Hidup

Setiap insan pasti menginginkan ketenagan hidup. Hampir semua orang berusaha untuk mendapatkan ketenangan

Editor: Halmien
Kunci Sukses dapatkan Ketenangan Hidup

SERAMBI UMMAH.COM - HIDUP ini tidak semudah seperti apa yang kita pikirkan. Di dalamnya penuh dengan tantangan-tantangan kehidupan yang bisa jadi melemahkan. Jika kita tak tahan hadapi ujian, maka kesengsaraanlah yang akan didapat. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa sungguh tidaklah mudah untuk menghadapi hala rintang itu.

Setiap insan pasti menginginkan ketenagan hidup. Hampir semua orang berusaha untuk mendapatkan ketenangan, baik itu barupa materi maupun kebutuhan rohani. Tapi ternyata, hal itu tidaklah berjalan sesuai rencana. Kita menganggap mulus-mulus saja, namun sayang itu hanyalah sebuah mimpi. Dapat kita ketahui bahwa dunia ini begitu keras.

Tapi sekeras apapun batu, jika terus menerus di sirami dengan air, lama kelamaan juga akan mengikis. Maksudnya, sekeras apapun dunia ini, jika kita tahu kuncinya dan kita lakukan itu terus menerus, maka akan memberi ketenangan dalam hidup ini. Lalu apa itu kuncinya? Kuncinya ialah yakin, sabar dan ikhlas.

Ya, ketiga unsur tersebut sangatlah berkaitan. Maka, ketika ketiganya kita lakukan bersama, maka ketenangan itu akan kita dapatkan. Walau pun awalnya kita merasa cukup sulit hadapi ujian yang sedang menimpa, maka setelah kita lakukan ketiganya itu tadi, maka insya Allah beratnya jalani hidup tidak akan terasa.

Ketiganya perlu dilakukan, karena apa? Karena ketika kita menghadapi ujian dan kita hanya yakin saja bahwa kita dapat menyelesaikannya tanpa bantuan ikhlas dan sabar, maka cepat atau lambat keyakinan itu akan memudar. Karena ketidak sabaran kita menunggu suatu keberhasilan yang diyakini, maka membuat diri kita menciut akhirnya ketenangan tidak akan diraih. Begitu pula jika kita tidak ikhlas hadapi ujian yang diberikan oleh Allah, maka kita hanya akan menyelahkan orang lain, bahkan kepada Sang Pencipta.

Ketika dihadapi oleh suatu tantangan, maka lakukanlah ketiga unsur itu. Anda harus yakin bahwa Anda pasti mampu hadapi ujian ini. Bersabar dalam menghadapi ujian juga harus Anda lakukan. Dan ikhlas menerima ujian yang diberikan oleh Allah SWT. Insya Allah, dengan begitu masalah seberat apapun akan terasa ringan karena hati Anda telah menikmati suatu ketenangan dalam sebuah permasalahan. Wallahu ‘alam. (ipc)

Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved