Makan dan Minum dengan Tata Cara Islam

makan dengan tangan kanannya, sebab yang demikian itu merupakan amalan sehari-hari yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW

Makan dan Minum dengan Tata Cara Islam

SERAMBI UMMAH.COM - TERMASUK bagian penting dalam kehidupan muslim adalah tata cara makan dan minum, yang bersumber dari petunjuk Nabi yang benar. Seorang muslim sejati akan memulai makan dan minum dengan menyebut nama Allah (mengucap Basmalallah), makan dengan tangan kanannya, sebab yang demikian itu merupakan amalan sehari-hari yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Nabi SAW bersabda:

“….sebutlah nama Allah, dan makanlah dengan tangan kanan-mu, dan makanlah apa-apa yang ada di dekatmu (maksudnya jika dalam makan berjamaah)” (Muttafaqah alaih).

Dan jika lupa menyebut nama Allah ketika pertama memulai makan dan minum, maka hendaklah di tengah-tengah makan atau minum di saat ingat, bacalah “Bismillahi Awwalahu wa Akhirahu,” sebagaimana dinyatakan dalam hadis berikut:

“Jika seseorang diantara kamu hendak makan atau minum maka sebutlah nama Allah (membaca basmalallah), dan jika lupa membaca Basmallah pada awal makan atau minum, maka ucapkanlah, Bismillahi Awwalahu wa Akhirahu,” (HR. Abu Daud dan Tirmizi).

Adapun masalah kedua yang paling penting selain menyebut nama Allah, adalah makan dengan menggunakan tangan kanan. Seorang muslim yang beradab dengan adab Islam pasti akan makan dengan tangan kanannya, dan tidak akan pernah makan dengan tangan kiri, sebab Rasulullah SAW menganjurkan makan dengan tangan kanan dan melarang makan dengan tangan kiri. Seperti dalam hadist:

“Janganlah kamu makan dengan tangan kirimu, dan jangan minum dengan tangan kiri, sebab sesungguhnya setan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kiri,” (HR. Muslim).

Jika Rasulullah melihat seseorang makan dan minum dengan tangan kiri, maka Ia menegurnya dan memberikan contoh yang benar. (ipc)

Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved