Masalah Bukanlah Bencana, Tapi Pendewasaan!

Bukankah ketika masalah itu menjadi sumber pendewasaan, kita harus dekatinya dan bukan malah menghindar dari urusan tersebut

Masalah Bukanlah Bencana, Tapi Pendewasaan!

SERAMBI UMMAH.COM - LARI dari masalah bukanlah cara terbaik untuk menyelesaikan masalah. Masalah yang kita hadapi perlu disikapi dengan hal positif, karena manusia dianggap wajar ketika memiliki masalah, karena jika manusia tidak memiliki masalah mustahil ia dikatakan hidup.
Masalah akan menjadikan dirinya dewasa, pada akhirnya kita akan mendapatkan nilai tambahan dari masalah. Tidak selamanya masalahpun membawa bencana.

Kita sering menemukan seseorang ketika memiliki masalah,atau pun tidak melakukan kesalahan. Ia akan merasa takut kepada orang yang bersangkutan. Kenapa harus begitu?

Bukankah ketika masalah itu menjadi sumber pendewasaan, kita harus dekatinya dan bukan malah menghindar dari urusan tersebut.

Mungkin realitas dari kebanyakan manusia akan bertindak seperti itu, tapi kita coba lihat kembali, ada orang yang tidak merasa bersalah tapi ia malah lari karena ketakutan, dan ada dari mereka memiliki masalah justru sama halnya ia malah lari begitu saja.

Seperti dalam ayat al-Qur’an , bahwa Jangan bertingkah seperti burung onta , jangan seperti itu, renungkan dan cermati dengan bijak, Burung onta itu jika melihat sang binatang pemangsa mendekat kepadanya, maka dia masukkan kepalanya ke dalam pasir, tapi badannya masih terlihat oleh binatang pemangsa itu. Akhirnya ia dimangsa oleh binatang pemangsa itu .

Selama kita berada pada kebenaran dan tidak melakukan perbuatan yang membuat murka Allah atau manusia, berarti dirimu berada dalam keamanan. Jangan sampai kita lari karena merasa takut dan panik.

Begitupun Allah berfirman: “Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan ijin Allah; dan barangsiapa yang beriman kepada Allah niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu,”(QS. At Taghaabuun: 11)

Jika seseorang selalu melakukan perbuatan yang benar, maka ia tidak akan pernah memiliki sifat pengecut, bahkan ia selalu memiliki sifat yang berani dan kuat.

Hadapilah masalah itu! Anda akan menjadi orang hebat, dan anda akan menjadi orang yang mendapatkan kehormatan jika kejujuran dan keberanian ada pada diri anda. (ipc)

Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved