Umar Selalu Memperhatikan Anak-anak Sejak Mereka Lahir

Perubahan keputusan tersebut sebenarnya hanya karena persoalan yang sederhana, namun Umar melihat bahwa itu bisa menjadi perkara

Umar Selalu Memperhatikan Anak-anak Sejak Mereka Lahir

SERAMBI UMMAH.COM - PADA masa permulaan kekhalifahan Umar r.a, ia tidak memberikan bantuan dan santunan apa pun dari Baitul Mal untuk kemaslahatan bayi yang baru lahir sampai masa penyapihannya. Namun, setelah itu Umar mengubah keputusannya, dan menetapkan santunan untuk setiap anak yang baru lahir. Perubahan keputusan tersebut sebenarnya hanya karena persoalan yang sederhana, namun Umar melihat bahwa itu bisa menjadi perkara yang sangat berbahaya bila dibiarkan.

Suatu malam Umar mendengar tangisan seorang bayi. Maka Umar berkata kepada ibunya, “susuilah dia.” Ibu di snsk ysng tidak menyadari bahwa yang menyuruhnya adalah Umar menjawab “Amirul Mukminin tidak memberikan santunan untuk bayi yang baru lahir sampai masa penyapihannya. Karena itu, saya terpaksa harus menyapihnya.” Umar berkata dalam hatinya, “Aku hamper saja membunuh anak itu.” Setelah itu ia berkata, “Susuilah dia, nanti Amirul Mukminin pasti akan memberikan santunan untuknya.”

Sesudah itu, Umar mulai menetapkan santunannya untuk setiap bayi yang baru lahir. Semoga Allah merahmati Umar, sesungguhnya dia adalah orang yang sangat takut kepada Allah dan tunduk terhadap batasan-batasan-Nya. Akhirnya, Umar keluar dari rumah wanita itu dengan dada yang lapang dan hati yang lega. (ipc)

Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved