Restoran di Qatar Ini Sediakan Makanan Gratis bagi Siapa Saja

Restoran itu terletak 16 kilometer dari pusat kota Doha, salah satu kota terkaya di dunia.

Restoran di Qatar Ini Sediakan Makanan Gratis bagi Siapa Saja

SERAMBI UMMAH.COM – Di pojok ibukota Qatar yang populer, terdapat sebuah restoran sederhana yang biasa dikunjungi buruh migran. Disana terdapat tulisan, “Jika kamu tak punya uang, makanlah gratis [disini]!!!” Demikian dikutip Saudi Gazette dari AFP, Senin (13/4/2015).

Restoran itu terletak 16 kilometer dari pusat kota Doha, salah satu kota terkaya di dunia. Disana juga terdapat “area industri kecil” terdiri atas bengkel kecil, pabrik rumahan dan akomodasi yang murah.

Meski jaraknya hanya sekitar 40 menit dari Doha yang mewah dan megah, area industri kecil itu tidak dikenal dunia luar. Secara geografis dan sosiologis, daerah tempat restoran bernama Zaiqa itu sangat tidak mencerminkan citra umum negara yang kaya akan minyak itu.

Restoran yang didirikan warga berdarah India itu bahkan nampak sederhana. Di tempat itulah, tiga minggu lalu, pemiliknya berinisiatif menggratiskan makanannya bagi mereka yang tidak mampu.

“Saat saya melihat papan itu, air mata saya berlinang,” ujar salah seorang pemilik restoran, Shadab Khan (47). Ia adalah pria asal New Delhi, yang telah tinggal di Qatar selama 13 tahun.

“Bahkan saat saya membicarakannya, seolah ada yang mengganjal di tenggorokan ini.” Pemilik restoran yang terletak di sebelah bengkel besi ini mengatakan, ide ini datang dari adiknya, Nishab.

Restoran dengan 16 bangku itu berseberangan dengan sebuah masjid dan sebuah jalan. Biasanya beragam truk lalu-lalang di sana.

Di dalam, taplak meja warna-warni menghiasi ruangan. Disajikan disana “makanan otentik dari jantung kota Delhi” selama 24 jam, 7 hari seminggu.

Gaji dikirimkan, migran kelaparan

Biaya pangan yang relatif adalah sebuah kendala bagi para buruh migran yang bekerja di industri besar. Bayangkan saja, harga seporsi kari ikan dihargai 6 real Qatar atau setara 25.000 rupiah, itu belum termasuk nasi, roti dan minumannya. Sebutir telur tiga real, sayur bayam Palak Paneer 10 real.

Halaman
12
Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved