Nasihat-nasihat Ustadz Arifin Ilham

Hasud adalah penyakit hati yang membuat tubuhnya juga sakit, berasal dari cinta dunia, sombong merasa dirinya lebih hebat

Nasihat-nasihat Ustadz Arifin Ilham

SERAMBI UMMAH.COM - MARI kita simak dengan iman kalam Allah berikut ini “Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebagian kamu lebih banyak dari sebagian lain. Karena bagi laki laki ada bagian dari apa yang mereka usahakan & bagi para wanitapun ada bagian dari apa yang mereka usahakan “(QS 4:32).

Rasulullah bersabda, “Dengki itu memakan kebaikan sebagaimana api yang membakar kayu”, Hasud itu tidak senang melihat kelebihan orang lain, lalu diapun berusaha menjatuhkan kehormatan orang itu dengan berbagai cara, dari mengintai keburukannya, mempergunjingnya, menebar fitnah, sampai syirik kedukunpun dilakukan & bahkan sampai membunuh.

Sebuah kisah yang cukup lucu monyet yang dengki kepada burung gagak. Monyet berusaha meloncati buah anggur,akan tetapi tidak berhasil, sementara burung gagak dengan mudah meraihnya, dengan kesal monyet keliling hutan sambil berteriak, “anggur pahit asem”, padahal karena keinginannya tidak tercapai.

Hasud adalah penyakit hati yang membuat tubuhnya juga sakit, berasal dari cinta dunia, sombong merasa dirinya lebih hebat & sifat munafik karena cintanya pada dunia. Allah mengajarkan kepada para hambanya yang beriman agar terhindar dari penyakit dengki & selamat dari pendengki.

Tentang Ujian Nikmat

Sahabatku, kesalahan kita mengangap bahwa hanya musibah sebagai ujian bukan nikmat, jarang kita menganggap sehat, cantik, kaya, jabatan dan popularitas itu ujian. “Dan Kami uji kalian dengan musibah & nikmat sebagai sebenar-benarnya ujian” (QS 21:35). Rasulullahpun mengingatkan, “Sungguh yang kutakutkan pada umatku adalah ujian nikmat” .

Almarhumah nenek saya berwasiat, “Ingat cucuku, kalau sukses ingat nabi Sulaiman & kalau susah ingat nabi Ayyub”, Semoga Allah SWT menjadikan kita seorang hamba yang selalu lulus menghadapi ujiannya. Amien. (ipc)

Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved