Muslim Italia Shalat di Garasi atau Tempat Parkir

sekitar lima bangunan lainnya yang menyerupai masjid tetapi dalam lebih sebagai gedung budaya sebenarnya.

Muslim Italia Shalat di Garasi atau Tempat Parkir

SERAMBI UMMAH.COM - MUSLIM Italia melakukan shalat berjamaah di gudang, tempat parkir, dan bahkan garasi. Hal ini tentu saja menyulitkan mereka.

Di sebuah negara di mana agama Katolik, Budha, Yahudi dan Mormon diakui sebagai agama secara resmi di Italia, namun ternyata Islam, agama terbesar kedua di negara itu, tidak demikian adanya.

Populasi warga Muslim di Italia mencapai 1,5 juta namun mereka hanya punya dua resmi saja yaitu di Roma dan Milan. Ditambah sekitar lima bangunan lainnya yang menyerupai masjid tetapi dalam lebih sebagai gedung budaya sebenarnya.

Hal ini kontras dengan negara-negara Eropa lainnya: Jerman memiliki 140 masjid lengkap dengan kubah dan menaranya; Inggris memiliki sekitar 200 masjid.

Di Venesia, hubungan antara pemerintah kota dan masyarakat Muslim dilaporkan baik namun mayoritas Muslim di kota ini frustrasi karena mereka harus shalat di garasi atau flat mereka. Pusat Islam terdekat utama adalah di Marghera, lebih dari 10 kilometer jauhnya.

“Kami ingin punya tempat sendiri untuk melakukan shalat,” kata Mohamed Amin Al Ahdab, presiden Komunitas Islam Venesia seperti dilansir oleh World Bulletin, Rabu (27/5/2015). “Setiap hari, umat Islam datang dari seluruh dunia untuk melihat Venesia dan mereka bertanya ‘Mengapa Anda tidak memiliki masjid?'”

Islam di Italia

Dikutip dari wikipedia, Menurut statistik resmi Italia terakhir, Muslim mencapai sekitar 34% dari 2.400.000 penduduk asing yang tinggal di Italia pada 1 Januari 2005.

820.000 penduduk asing tersebut merupakan sejumlah Muslim yang secara resmi bertempat tinggal di Italia, 100.000-150.000 lainnya seharusnya ditambahkan, sebagai keberadaan Muslim, menurut perkiraan tahunan yang disetujui secara luas asosiasi Italia Caritas, sekitar 40% imigran resmi Italia.

Di samping imigran legal menunjukkan minoritas keberadaan Muslim di Italia, isu Islam di Italia saat ini berhubungan dengan beberapa partai politik (khususnya ‘Luga Utara’ atau ‘Lega Lombarda’) dengan imigrasi, dan imigrasi ilegal yang lebih spesifik. Imigrasi telah menjadi isu politik yang terbuka, ketika, khususnya di musim panas, laporan muatan kapal imigran ilegal atau program berita dominasi clandestini.

Halaman
12
Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved