Selain di Inggris, Populasi Muslim di Rusia Juga Melonjak Drastis

ketika bertugas menjadi Dubes, muslim Rusia sangat tertarik menerima bantuan Indonesia dalam sejumlah isu.

Selain di Inggris, Populasi Muslim di Rusia Juga Melonjak Drastis

SERAMBI UMMAH.COM – Mantan Duta Besar Indonesia untuk Rusia Hamid Awaluddin menilai muslim akan menjadi komunitas penting di Rusia. Indonesia pun dinilai bisa membantu meningkatkan kualitas populasi muslim yang terus berkembang di negeri beruang merah tersebut.

“Populasi muslim Rusia meningkat drastis. Saya kira Indonesia bisa bekerja sama (dengan Rusia),” ujar Hamid dalam diskusi bertajuk “Russia-Moslem World Friendship” di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Jakarta (9/6).

Hamid menyatakan, ketika bertugas menjadi Dubes, muslim Rusia sangat tertarik menerima bantuan Indonesia dalam sejumlah isu. Ia mengaku, Indonesia pernah membantu manajemen haji di Rusia dengan mengirimkan sejumlah pakar dari Kementerian Agama. Selain itu, konsep ekonomi syariah juga menjadi topik yang menarik bagi komunitas muslim Rusia.

Hamid bercerita, ia membawa pemuda muslim Rusia untuk belajar di perguruan tinggi Islam di Indonesia. Saat ini, sebanyak 43 orang masih menjalani perkuliahan di berbagai institusi.

Ia juga mengajak dewan mufti Rusia untuk menengok suasana Islam di Indonesia. Menurutnya, toleransi beragama di Indonesia telah membuat mereka terkesan. Hamid mendukung agar upaya kerja sama Indonesia dan Rusia bisa terus berkembang.

“Saya harap kita bisa terus melanjutkan upaya untuk membantu komunitas muslim Rusia,” ujar Hamid. (emc)

Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved