Muslim Kanada Buat Website Pusat Pengaduan Islamofobia

korban diskriminasi maupun aksi kebencian itu enggan melaporkan ke pihak berwajib karena mereka berpikir peristiwa tersebut akan terlupakan

Muslim Kanada Buat Website Pusat Pengaduan Islamofobia

BANJARMASINPOST.CO.ID, TORONTO – Organisasi hak azasi Muslim di Kanada, The National Council of Canadian Muslims membuat website antikriminalisasi terhadap kaum Muslim untuk mengurangi akibat dampak negatif Islamofobia yang kian merebak.

“Kriminalitas berlatar belakang kebencian paling banyak dilaporkan terjadi di Kanada,” ungkap koordinator organisasi tersebut, Amira Elghawaby, seperti dilansir thestar.com, Kamis (11/6/2015).

Dalam analisanya, Amira mencermati, bahwa korban diskriminasi maupun aksi kebencian itu enggan melaporkan ke pihak berwajib karena mereka berpikir peristiwa tersebut akan terlupakan dengan sendirinya.

Maka, kehadiran website ini adalah sebagai alternatif pelaporan insiden yang banyak menimpa kalangan Muslim Kanada. Pelapor harus melengkapi informasi data dirinya berikut merinci peristiwa yang dialami. Kemudian para korban diharapkan dapat menisci form tersebut, sehingga otomatis kasus tersebut akan terlaporkan dalam dokumen kepolisian setempat ataupun disebarluaskan pada media massa.

Amira mengatakan, jenis kejahatan berbau kebencian di Kanada meliputi aksi genosida, penghinaan di ruang publik, hingga vandalism terhadap tempat ibadah.

“Data kami menyebutkan, korban sering mendapatkan cacian seperti teroris dan hinaan tak pantas lainnya. Aksi semacam itu sering terjadi tapi tak mudah dibuktikan, maka website ini berfungsi sebagai media peringatan bagi pihak-pihak yang sering melakukan penghinaan semacam itu,” jelas Amira.

Pusat Data Statistik Kanada pada Selasa (9/6) lalu merilis data kirminalitas tahun 2012. Disebutkan terdapat 45 kasus kriminalitas berlatar belakang kebencian atau Islamofobia. (gic)

Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved