Breaking News:

Tata Cara Sujud yang Diajarkan Rasulullah SAW

Tatkala bersujud, banyak orang yang melakukannya dengan cara yang berbeda, namun tak perlu risau dan bimbang, Rasulullah SAW telah memberikan contoh

Editor: Halmien
Tata Cara Sujud yang Diajarkan Rasulullah SAW

SERAMBI UMMAH.COM - SUJUD termasuk dalam salah satu gerakan shalat. Tatkala bersujud, banyak orang yang melakukannya dengan cara yang berbeda, namun tak perlu risau dan bimbang, Rasulullah SAW telah memberikan contoh pada kita tentang sujud yang baik. Penjelasannya berdasarkan hadits-hadits adalah sebagai berikut:

1. Bila hendak sujud, beliau mengucapkan takbir [dan beliau merenggangkan tangannya dari lambungnya], kemudian sujud. (HR. Abu Ya’la dengan sanad jayyid dan Ibnu Khuzainah dengan sanad lain yang shahih).

2. Turun ke sujud mendahulukan dua tangan, sebagaimana dengan sabda beliau,
“Apabila seseorang di antara kamu bersujud, janganlah ia turun seperti cara unta, tetapi hendaklah ia letakkan kedua tangannya sebelum kedua lututnya,” (HR. Abu Dawud, Tamam dalam Al-Fawaid).

3. Melakukan sujud dengan tuma’ninah
Nabi SAW selalu memerintahkan baik ruku’ maupun sujud dengan sempurna dan mengumpamakan orang yang tidak melakukan hal itu seperti orang yang sedang kelaparan. Beliau juga menyatakan apabila orang yang tidak melakukan sujud dan ruku’ dengan lurus, maka shalatnya batal.

Halaman
123
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved