Berada dalam Mesjid, Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan

Setiap muslim yang berada di dalam masjid hendaklah menghormati kemuliaan masjid, sebab masjid merupakan syiar agama Allah SWT.

Berada dalam Mesjid, Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan

SERAMBI UMMAH.COM - ORANG Islam menganggap bahwa Masjid ialah tempat yang suci. Tempat ini dijadikan sebagai tempat beribadah bagi kita. Oleh sebab itu, tidak bisa sembarang orang masuk begitu saja tanpa memperhatikan kaidah-kaidah yang seharusnya dilakukan ketika berada di dalam masjid.

Setiap muslim yang berada di dalam masjid hendaklah menghormati kemuliaan masjid, sebab masjid merupakan syiar agama Allah SWT. Dan siapa yang mengangungkan syiar agama-Nya, maka ia termasuk orang-orang yang bertakwa kepada-Nya. Karena itu, muslim yang sedang berada di masjid hendaklah memperhatikan hal-hal berikut:

1. Tidak membuat keributan di masjid.

2. Melaksanakan shalat dua rakaat tahiyatul masjid, sebelum duduk, kecuali di masjidil haram, disunnahkan thawaf 7 kali putaran di Ka’bah.

3. Mengikuti shalat jamaah sampai selesai, sebab shalat jamaah melebihi shalat sendiri dengan 27 derajat.

4. Berdzikir setelah shalat. Apabila selesai shalat shubuh, maka dianjurkan untuk melanjutkan dengan dzikir pagi. Dan, jika memiliki kelonggaran waktu, maka disunnahkan tetap duduk di masjid hingga matahari terbit, kemudian shalat dua rakaat sebelum keluar dari masjid, sebagaimana sabda Rasulullah SAW dalam hadis shahih yang diriwayatkan oleh Imam Turmudzi dari Anas bin Malik RA, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang melakukan shalat shubuh berjamaah, kemudian duduk berdzikir kepada Allah SWT hingga matahari terbit, kemudian melakukan shalat dua rakaat, maka pahalanya seperti pahala haji dan umrah.” Anas RA mengatakan bahwa Rasulullah SAW menegaskan, “Sempurna, sempurna, sempurna.”

5. Melakukan amal-amal baik lainnya, misalnya membaca Al-Quran, menghafalnya atau mengkaji ilmu-ilmu yang bermanfaat dan tidak melakukan kemaksiatan apa pun di dalam masjid, baik menggunjing orang lain atau lainnya.

Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved