Jaga Kesehatan saat Berpuasa, Kurangi 3 Hal Ini

Selain beberapa makanan itu, berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang harus dikurangi agar puasa sebulan penuh tetap fit.

Jaga Kesehatan saat Berpuasa, Kurangi 3 Hal Ini

SERAMBI UMMAH.COM - MENAHAN haus dan lapar seharian penuh merupakan tantangan tersendiri bagi yang belum terbiasa. Puasa di bulan Ramadhan tentunya akan mengubah kebiasaan jam makan kita. Meski waktu makan kita saat puasa Ramadhan hanya saat buka di petang hari dan sahur di pagi hari, Jika biasanya kita makan setiap pagi, siang, dan sore, akan berbeda dengan saat menjalankan puasa di bulan Ramadhan. namun puasa ramadhan tidak identik dengan lemasnya badan.

Namun bagi yang belum terbiasa, perlu menjaga kesegaran badan dan menjaga tubuh tetap fit selama Ramadhan. Aktivitas sehari-hari bisa tetap dilakukan secara lancar. Syaratnya menjaga pola makan dengan mencukupi kebutuhan cairan, serat ,dan zat gizi lainnya. Dan yang perlu diperhatikan agar puasa tetap fit adalah makanan yang kita makan.

Makanan yang banyak mengandung lemak dan kolesterol harus sangat dibatasi. Sebagai misal kuning telur ayam, jangan mengonsumsi lebih dari satu butir setiap harinya. Makanan pedas dan yang banyak mengandung garam juga lebih baik dihindari karena memicu rasa haus. Bukan berarti tidak mengonsumsi garam, namun hanya seperlunya saja. Kemudian kopi dan teh yang memiliki sifat diuretik, yaitu menarik cairan tubuh dan membuangnya lewat air seni. Karena terlalu sering buang air, rasa haus jadi cepat datang.

Selain beberapa makanan itu, berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang harus dikurangi agar puasa sebulan penuh tetap fit.

Pertama adalah makanan yang bersantan seperti soto babat terlihat nikmat untuk dijadikan menu buka puasa. Namun, hati-hati makanan bersantan apalagi dengan jeroan di dalamnya mengandung banyak lemak yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti sembelit.

Kedua, makanan Pedas. Penting menjaga kesehatan terlebih saat sedang berpuasa, kita pasti ingin menjalani ibadah suci ini dengan kondisi tubuh sehat. Bagi pecinta pedas, kurangi kadar dan intensitas kepedasannya dalam makanan karena dinding lambung sangat sensitif terhadap rasa pedas. Mengurangi rasa pedas, terutama saat sahur dapat menghindarkan kita dari penyakit yang berkaitan dengan pencernaan.

Dan yang terakhir, minuman Bersoda. Untuk melepas dahaga, khususnya saat sedang berpuasa minuman manis dan dingin seperti soda sangat menggiurkan. Meski menyegarkan, minuman bersoda dapat menimbulkan dehidrasi juga memicu penyakit maag juga memperparahnya. Untuk mengganti minuman bersoda sebaiknya mengonsumsi jus buah. (ipc)

Tags
Kesehatan
Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved