Semangat Beramal Warga Gunung Amal

Sampai di lokasi dan dalam posisi mendaki jalan setapak, hati terasa tergetar. Ada keharuan, kebanggaan dan kesyukuran luar biasa

Semangat Beramal Warga Gunung Amal

SERAMBI UMMAH.COM - MATAHARI terus bergerak ke peraduan, udara masih terasa panas. Seperti biasa, udara di Kota Tarakan begitu terasa panas menyengat.

Dalam suasana yang memang lumrah untuk daerah dekat pantai, saya bersama amil Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Tarakan menyusuri jalan setapak menuju tempat terpencil, yang hanya motor bisa lewat dan listrik pun belum datang bersahabat.

Sampai di lokasi dan dalam posisi mendaki jalan setapak, hati terasa tergetar. Ada keharuan, kebanggaan dan kesyukuran luar biasa.

Ya, keharuan terasa, ketika lamat-lamat, terdengar suara merdu anak-anak Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Jabal Rahmah, binaan Baitul Maal Hidayatullah (BMH) melantunkan ayat suci Al-Qur’an dengan tartil yang cukup baik.

“Kok bisa ya, di tempat terpencil seperti ini, hanya motor yang bisa masuk, listrik juga belum ada, tetapi semangat anak-anak dan warganya sangat tinggi dalam ibadah, terutama belajar membaca Al-Qur’an,” demikian hati kecilku penuh perasaan.

Tapi inilah nikmat hidayah. Siapapapun yang Allah Subhanahu Wata’ala kehendaki, dia akan menjadi hamba-Nya yang tekun dalam amal atau ibadah.

Demikianlah suasana pertama yang sangat berkesan yang saya saksikan ketika berkunjung di Masjid Jabal Rahmah Gunung Amal yang berada di atas bukit.

Pandai Mengaji

Seusai buka bersama dan sholat Maghrib berjamaah, Kepala BMH Tarakan, Amin Umar, menyampaikan asal mula pendirian masjid di tempat terpencil ini pada tahun 2009 atas inisiatif Baitul Maal Hidayatullah dan dukungan masyarakat.

“Sebelumnya, anak-anak dan warga Gunung Amal harus mendaki dan turun gunung kala ingin shalat berjamaah, tarawih di bulan Ramadhan dan mengikuti kegiatan-kegiatan pengajian. Tetapi, sejak 2009 dan masjid ini berdiri, warga dan anak-anak Gunung Amal bisa beribadah di masjid ini,” papar Amin Umar.

Halaman
123
Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved