Biayai Hafiz hingga Lulus Kuliah di Banyuwangi

program pemberian beasiswa dari pemda setempat kepada anak muda berprestasi dengan pemberian bantuan biaya hingga level perguruan tinggi

Biayai Hafiz hingga Lulus Kuliah di Banyuwangi

SERAMBI UMMAH.COM - PEMKAB Banyuwangi, Jawa Timur, buka program beasiswa Banyuwangi Cerdas bagi para penghafal Al-qur’an (hafiz). Dalam program tersebut, para hafiz akan mendapatkan biaya pendidikan hingga lulus kuliah.

“Mereka akan dibiayai kuliahnya sampai selesai studi di sejumlah perguruan tinggi, terutama yang berbasis agama,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi Dwi Yanto di Banyuwangi, Kamis (9/7/2015), seperti diberitakan Antara News.

Banyuwangi Cerdas merupakan program pemberian beasiswa dari pemda setempat kepada anak muda berprestasi dengan pemberian bantuan biaya hingga level perguruan tinggi yang dimulai sejak 2011.

Yanto mengatakan seleksi beasiswa Banyuwangi Cerdas untuk jalur penghafal Al Quran telah dilakukan selama bulan Ramadan ini. Sementara itu, seleksi untuk jalur siswa berprestasi yang kurang mampu pun dilakukan pada waktu bersamaan yang dipusatkan di aula Dinas Pendidikan.

Khusus untuk para penghafal Al-qur’an, mereka mendapatkan kuota tak terbatas. Artinya, berapapun pendaftarnya akan diterima dan nantinya akan diikutsertakan dalam proses seleksi.

Sementara berdasarkan pendaftaran, ada lima penghafal Quran yang ikut serta program ini. Mereka dengan dukungan sekolahnya masing-masing mendaftarkan diri kepada Dinas Pendidikan.

“Ada satu pelajar yang hafal 30 juz. Menariknya, dia yang berasal dari Desa Jambewangi, Sempu, ini merupakan lulusan program paket C. Kemudian yang hafal 10 juz, lulusan MAN Banyuwangi. Satu orang yang hafal 7 juz adalah perempuan, lulusan SMA Sunan Ampel Bangorejo, sedangkan dua orang yang hafal 5 juz merupakan lulusan MA Unggulan Mambaul Huda,” paparnya.

Menurutnya, kelima pelajar penghafal Al-qur’an itu sudah dinyatakan lolos seleksi. (ipc)

Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved