Inilah Beberapa Makanan Pembersih Hati

Oleh karena itu, membersihkan organ hati menjadi sangat penting untuk menjaga fungsi tubuh agar benar dan tetap sehat.

Inilah Beberapa Makanan Pembersih Hati

SERAMBI UMMAH.COM – Hati atau liver merupakan organ yang sangat penting dalam tubuh. Hati memiliki beberapa fungsi yang sangat vital seperti melawan infeksi yang menyerang tubuh anda, memproses makanan yang telah di serap dari usus kita, memproduksi getah empedu yang berfungsi dalam sistem pencernaan makanan, sebagai penyimpan zat besi, vitamin serta bahan-bahan kimia lain yang penting, mengontrol kadar lemak, glukosa serta asam amino di dalam darah, membuang zat-zat racun di dalam tubuh anda.

Karena tingkat polusi lingkungan yang terus berkembang, maka tubuh akan terkena sejumlah besar polutan. Dan, semua ini bisa disimpan dalam hati melalui aliran darah. Oleh karena itu, membersihkan organ hati menjadi sangat penting untuk menjaga fungsi tubuh agar benar dan tetap sehat.

Sebagaimana dikutip dari situs Deutsche Welle, berikut berapa jenis makanan dan minuman yang berkhasiat membersihkan hati dan menunjang fungsinya.

Wortel

Wortel mengandung pro-vitamin A dalam bentuk beta karoten dalam kadar tinggi. Makan wortel bagus untuk menjaga kesehatan hati karena tubuh akan mengubah provitamin A menjadi vitamin A. Minum jus wortel bagus untuk membersihkan hati. Tapi jangan berlebihan karena beta karoten juga bisa memicu keracunan hati.

Teh Hijau

Mengandung unsur katekin yang berfungsi sebagai antioksidan. Konsumsi minuman teh hijau dalam porsi rasional setiap hari terbukti mampu memelihara keseimbangan fungsi hati.

Sayuran Hijau

Kol atau brokoli mengandung unsur isotiosianat yang ampuh memerangi penyakit kronis seperti sirosis hati. Sayuran hijau juga mengandung unsur yodium yang penting bagi kesehatan kelenjar getah bening yang berfungsi memicu sistem kekebalan tubuh untuk memerangi penyakit.

Bawang Putih

Halaman
12
Berita Populer
Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved