Breaking News:

Role Modelmu Bukan Tuntunan Terbaikmu

Allah SWT juga melarang orang-orang beriman dari bersedih hati atas kemiskinan dan kehidupan yang serba kekurangan.

Editor: Halmien
Role Modelmu Bukan Tuntunan Terbaikmu

SERAMBI UMMAH.COM - SAAT ini kebanyakan remaja di negeri kita yang sebagian besar adalah remaja muslim sudah memiliki role model masing-masing. Role model di sini maksudnya adalah seseorang yang berpengaruh dalam suatu hal (seperti selebritis atau atlet) yang mereka jadikan panutan baik dalam berbusana mau pun gaya hidup. Parahnya, kebanyakan yang mereka jadikan panutan ini adalah orang-orang kafir yang jelas-jelas cara hidupnya sangat jauh dari syariat Islam. Padahal sudah dengan tegas Allah SWT sampaikan dalam al-Qur’an bahwa kita dilarang mengikuti cara hidup orang-orang kafir,

“Janganlah sekali-kali engkau (Muhammad) tujukan pandanganmu kepada kenikmatan hidup yang telah Kami berikan kepada beberapa golongan di antara mereka (orang kafir), dan jangan engkau bersedih hati terhadap mereka dan berendah hatilah engkau terhadap orang yang beriman,” (QS. Al-Hijr: 88).

Kalimat la tamuddanna ‘ainaika (janganlah sekali-kali engkau tujukan pandanganmu) mengandung penegasan pada kata tamuddanna. Kata dasarnya tamudda tetapi ditambah dengan nun bertasydid dengan harakat fathah yang disebut dengan nun at-taukid, menandakan penegasan setegas-tegasnya. Ini berarti larangan yang tegas untuk mengarahkan pandangan, dalam pengertian meniru gaya hidup dan penampilan orang-orang kafir, karena kelebihan rezeki yang telah dianugerahkan oleh Allah SWT kepada mereka.

Allah SWT juga melarang orang-orang beriman dari bersedih hati atas kemiskinan dan kehidupan yang serba kekurangan. Sementara orang-orang yang ingkar kepada Allah SWT hidup bergelimang harta dan kemewahan. Harta dan kemewahan yang Allah SWT berikan kepada mereka adalah ujian, apakah mereka mau bersyukur atau bertambah kufur. Harta berlimpah dan gaya hidup mewah bukan ukuran untuk menilai bahwa Allah lebih menyayangi mereka dari pada orang-orang beriman.

Halaman
123
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved