Breaking News:

Penyebab Lemahnya Iman

di antaranya ada yang terpadu dengan beberapa ciri, seperti perbuatan durhaka dan tenggelam dalam kehidupan duniawi

Editor: Halmien
Penyebab Lemahnya Iman

SERAMBI UMMAH.COM - LEMAH iman mempunyai beberapa sebab yang cukup banyak jumlah dan jenisnya, di antaranya ada yang terpadu dengan beberapa ciri, seperti perbuatan durhaka dan tenggelam dalam kehidupan duniawi. Berikut ini beberapa sebab lemahnya iman manusia:

1. Menjauhi lingkungan yang telah tercipta iklim keimanan hingga jangka waktu yang lama. Tentu saja hal ini bisa menyebabkan lemah iman di dalam diri. Allah telah berfirman,

“Belumlah datang bagi orang-orang yang beriman, untuk tunduk hati mereka mengingat Allah dan kepada kebenaran yang telah turun (kepada mereka), dan janganlah mereka seperti orang-orang yang sebelumnya telah diturunkan Al-Kitab kepadanya, kemudia berlalulah masa yang panjang atas mereka lalu hati mereka menjadi keras. Dan kebanyakan di antara mereka adalah orang-orang yang fasik.” (QS. Al-Hadid : 16)

2. Menjauhi keteladanan dan pelajaran yang baik. Seorang yang berguru kepada orang shalih, maka bisa memadukan ilmu yang bermanfaat, amal yang shalih dan iman yang kuat. Dia bisa berkolusi dan menyerap ilmu, akhlak dan keutamaan-keutamaan guruna. Andaikata dia menjauhinya hingga sekian lama, dia pun akan merasakan kekerasan di dalam hatinya.

Halaman
123
Berita Populer
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved