Breaking News:

9 Ulama Sufi dan Jihad Mereka dalam Perang Salib

Sebagaimana para sufi sejak masa Daulah Zankiyah hingga Mamalik amat sigap dalam merespon pertempuran melawan pasukan Salib

Editor: Halmien

SERAMBI UMMAH.COM - SIAPA saja yang mengkaji mengenai Perang Salib, ia tidak bisa mengesampingkan peran para ulama sufi selama peristiwa tersebut. Hal itu dikarenakan mereka para sufi memiliki peran amat besar dalam gerakan jihad melawan pasukan Salib.

Ditegaskan oleh Syauqi Dhaif,”Sesungguhnya orang-orang zuhud kami, orang-orang sufi kami, mereka berpandangan bahwa termasuk kesempurnaan tashawuf mereka dan zuhud mereka adalah berjihad terhadap musuh dan melakukan ribath di perbatasan hingga jika perang dikumandangan mereka masuk dalam barisan memerangi musuh agama yang hanif ini dan mencari syahid.” (Ahsr Ad Dual wa Al Imarat Mishr wa Syam, hal. 3)

Sebagaimana para sufi sejak masa Daulah Zankiyah hingga Mamalik amat sigap dalam merespon pertempuran melawan pasukan Salib yang memasuki negeri mereka.

Demikian juga ribath, bangunan tempat para sufi tinggal dan melaksanakan ibadah juga berfungsi sebagai tempat mereka berjaga. Sehingga ketika jihad dikumandangkan mereka segera bergabing dengan para mujahidin. (lihat, Al Bidayah wa An Nihayah, 13/58)

Halaman
1234
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved